SIAP TERJUNKAN MAHASISWA KE PELOSOK NEGERI, INILAH KOLABORASI PONPES GONTOR DENGAN MCN AYA SOFYA DALAM MEMBENTENGI PEMURTADAN

Pada hari Rabu tepatnya tanggal 10 Maret 2021, MCN Aya Sofya mendapatkan kunjungan dari beberapa petinggi Pondok Pesantren Gontor dan Universitas Darussalam Gontor (UNIDA) dalam rangka menjalin kerjasama tentang pendidian terutama di bidang dakwah. Kita ketahui bahwa lembaga kami begerak dibidang advokasi dan edukasi para mualaf di seluruh pelosok negeri.

Perlu kita ketahui Mualaf Center Nasional Aya Sofya didirikan oleh Ust. Insan LS Mokoginta. Sebelum beliau meninggal, Pondok Pesantren Gontor kerap kali mendatangkan Almarhum untuk mengisi kuliah / kelas Kristologi di Pesantrennya dengan harapan mendapatkan bekal untuk berdakwah dan paling tidak lebih memantapkan diri terhadap agama Islam.

Tujuan kedatangan pihak Gontor menemui kami adalah untuk mengadakan program magang bagi mahasiswa Program Studi Agama-Agama agar mereka bisa terjun langsung mengaplikasikan ilmunya sekaligus berdakwah. Menjalin kesepakatan dengan mengadakan kerjasama program magang untuk mahasiswa program studi Agama-Agama agar lebih legal secara hukum untuk bekerjasama dalam bidang pendidikan kristologi & Mualaf bersama dengan Mualaf Center Aya Sofya.

“Alhamdulillah, kami mendapatkan kabar bahwa sudah ada persetujuan dari bapak Rektor untuk mengadakan kerjasama karena secara administrasi harus meminta izin beliau terlebih dahulu. Hal ini sebagai legalitas, karena memang yang harus menandatangani MOU kerjasama ini adalah dekan maka dari pihak kami akan menandatangani MOU setelah kembali ke kampus”. Tutur Dr. Asep Awaludin.

Kami sangat antusias dengan rencana tersebut karena adanya kerjasama ini menjadi kesempatan emas bagi MCN Aya Sofya untuk bisa lebih totalitas dalam membekali ilmu agama kepada para mualaf, terutama di pelosok negeri. Dengan begitu kami lebih bisa memupuk aqidah para mualaf agar lebih kokoh dalam agama Islam, mengingat di pelosok negeri adalah lokasi yang rawan terjadi kristenisasi kembali.

Kami hendak merekrut relawan yang siap membina para mualaf sebagaimana metode pembinaan mualaf terbaik adalah “pembinaan relawan”. Selama ini para mualaf lebih cocok jika menggunakan pembinaan yang fleksibel. MCN Aya Sofya sangat berkenan dengan adanya kerjasama ini jika memang bentuk kerjasamanya adalah pemngirim da’i-da’iyah ke wilayah dakwah MCN Aya Sofya.

pertemuan ini ditutup dengan adanya penyerahan nota kesepahaman kerja sama dari pihak gontor untuk kami tinjau lebih lanjut dan kami tanda tangani.

Sekilas Tentang Program Studi Agama-Agama UNIDA

Universitas Darussalam Gontor, atau disingkat UNIDA Gontor merupakan sebuah universitas swasta berbasis pesantren yang menerapkan sistem asrama untuk mendukung lingkungan pembelajaran yang efektif dan efisien. Universitas ini terletak di daerah Ponorogo, Jawa Timur. Program studi andalannya yakni Program Studi Agama-Agama.

Prodi Agama-Agama memiliki jumlah mahasiswa terbanyak di Indonesia dengan bertujuan untuk menanggulangi gerakan Kristenisasi yang masif dan fokus pada kajian tentang agama-agama. Sehingga lebih menguatkan aqidah agama Islam dalam benak setiap umat Islam. Hal itu nyatanya berhubungan dengan dakwah yang sejalan dengan kiprah MCN Aya Sofya.

Sekilas Tentang MCN Aya Sofya

MCN Aya Sofya berkiprah sebagai lembaga yang menaungi para mualaf, kita tahu bahwa saudara kita para mualaf nyatanya banyak memiliki masalah terutama yang berhubungan dengan keluarga atau agama sebelumnya. Sehingga kami hadir untuk mencegah pemurtadan dan siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Program kerja kami adalah melakukan pembinaan dan pendampingan bagi mualaf di seluruh Indonesia agar mereka bisa mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri dalam kehidupan berdasarkan Al-Qur’an dan hadist.

Masalah umum yang seringkali dialami oleh saudara kita para mualaf adalah mendapatkan banyak tekanan dari lingkungan sekitar, dijauhi dan mengalami pelecehan secara verbal ataupun fisik oleh kerabat dekat terutama teman dan keluarga yang bukan Islam, masalah finansial karena tidak ada pekerjaan halal yang mau menerima masalalunya, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut terbilang berat hingga kadang menimbulkan gejolak hati yang dapat membuatnya menyerah dan ingin kembali ke agama sebelumnya.

Selain untuk para mualaf, kami juga memberikan edukasi kepada seluruh umat Islam di Indonesia untuk lebih waspada terhadap aksi pemurtadan dan kristenisasi yang kerap terjadi secara langsung ataupun terselubungm karena bagaimanapun agama Kristen akan selalu berusaha dengan segala cara untuk memurtadkan umat Islam sampai hari kiamat tiba.

Kesulitan kami saat ini adalah kekurang relawan yang bisa menjadi sosok da’i-da’iyah untuk berdakwah ke pelosok nusantara, karena banyak kampung binaan kami berada di pelosok seperti Sulawesi, Kalimantan, dan lain sebagainya. Selama ini kami sudah berusaha mencari relawan yang bersedia ditempatkan pelosok nusantara.

Meskipun telah menjadi mualaf tetapi tak sedikit yang kembali lagi karena minimnya bekal aqidah dan godaan atau gangguan dari para misionaris. Hal itulah yang membuat pentingnya peran da’i-da’iyah handal untuk berdakwah di pelosok negeri.

“Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku dan Muhammad sebagai Nabi-ku dan Rasul utusan Allah”: maka aku adalah penjaminnya, dan akan aku gandeng dia dengan memegang tangannya, sampai aku memasukkannya ke dalam Surga. (HR. At-Thabrani)

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Nasional Aya Sofya, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Kami siap melakukan edukasi atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.


Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

SURABAYA: Pesantren JEHA Dolly. Jl. Putat Jaya No. 4B, Putat Jaya, Kota Surabaya.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.