KISAH MUALAF: SEORANG GADIS MASUK ISLAM JUSTRU DIANTAR ORANG TUANYA YANG MASIH KRISTEN

GIA RELISTA, seorang gadis berusia 25 tahun pada akhirnya memutuskan memeluk agama Islam atas keinginannya sendiri. Beliau mendatangi kantor MCN Aya Sofya Tangerang untuk bersyahadat. Jika biasanya kami sering menangani kasus seorang anak kabur dari rumah karena ingin berpindah agama tapi ditolak mentah-mentah oleh orang tua. Pada kali ini, kami justru berhadapan dengan seorang gadis yang ingin masuk Islam yang justru diantar oleh kedua orang tuanya yang beragama Kristen.

Hukum negara kita mengatur tentang hak beragama, negara tidak bisa melarang aliran atau agama apapun yang masuk dan berkembang di Indonesia selama masih sesuai dengan prinsip Ketuhanan Yang Maha Esa dan tidak menyinggung prinsip dan kepercayaan umat agama lainnya.

Continue reading

KISAH MUALAF: MAHASISWI CALON PENDETA KAMPUS TORAJA KABUR DAN MASUK ISLAM

Beberapa waktu yang lalu, kami melakukan kunjungan dakwah ke MCN Aya Sofya Lamongan untuk bertemu dengan seorang wanita yang kabur dari kampung halamannya yakni Tanah Toraja, Sulawesi Selatan. Beliau adalah seorang mahasiswi dari salah satu kampus di Toraja yang akan menjadi seorang pendeta jika sudah lulus kuliah. Kami pun melakukan wawancara dengan beliau yang dipimpin oleh Ust. Imam Mujahidin untuk mengetahui kisah perjalanan dan perjuangan beliau hingga pada akhirnya memeluk agama Islam.

Pada hari Senin tanggal 15 November 2022, MCN Aya Sofya Lamongan mendapatkan telepon dari seorang wanita yang meminta tolong untuk disyahadatkan. Tanpa perjanjian sebelumnya, beliau ternyata sudah berada di Masjid Al-Muttaqin, Karanggeneng, Kabupaten Lamongan. Hingga pada akhirnya kami sepakat untuk mengadakan pertemuan pukul 15.00 WIB.

Continue reading

KAJIAN KRISTOLOGI MUALAF CENTER GRESIK: KENAPA BACAAN SHALAT HARUS BERBAHASA ARAB?

“Apakah Tuhan umat Islam itu orang Arab?”
“Kenapa shalat harus menggunakan bahasa Arab?”

Kerap kali pertanyaan menjebak itu dijadikan senjata oleh misionaris Kristen yang akhirnya membuat aqidah umat Islam sedikit goyah karena kurang pemahaman mendalam tentang hakikat Tuhan dan Islam. Padahal jawabannya cukup bisa dinalar secara logis dan realistis. Sebagai manusia kita memang tidak tahu maksud dan kehendak Tuhan. Sebagaimana Tuhan maha mengetahui segala sesuatu yang manusia pun tidak bisa mengetahuinya.

Satu hal yang pasti, Tuhan itu tidak sama dengan ciptaannya. Sudah selayaknya Tuhan adalah Dzat yang maha tinggi dan maha agung. Justru suatu penghinaan bagi Tuhan jika disamakan dengan makhluk ciptaannya. Sebagaimana kita mengetahui manusia adalah sosok yang lemah, penuh kesalahan, dan tidak bisa menyamai keagungan Tuhan. Di kitab Taurat, Injil, dan Al-Qur’an menyebutkan bahwa Tuhan umat manusia adalah tuhan yang tunggal, yaitu Allah.

Continue reading

GERAKAN QURBAN TIDAK BIASA UNTUK MUALAF DI PEDALAMAN (Update: 2022)

Qurban bersama MCN Aya Sofya 2022

Seperti tahun sebelumnya, kami cukup sukses menyalurkan hewan qurban di pedalaman nusantara sebagaimana laporan qurban 2021. Antusiasme dari para muqarib pada tahun lalu cukup besar, terlebih lagi mualaf di pedalaman sangat senang. Sehingga hal itu membuat kami pada akhirnya kembali mengadakan layanan qurban bersama MCN AYA SOFYA kepada para muqarib yang hendak berkurban di tahun 2022.

Dengan tagline “Gerakan Qurban Tidak Biasa untuk Mualaf di Pedalaman”, kami membuka peluang ladang amal berkurban seluas-luasnya untuk sasaran mualaf miskin di Pedalaman.

Continue reading

KOLABORASI MCN AYA SOFYA X UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Foto bersama setelah penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama.

KOLABORASI PONDOK PESANTREN GONTOR DAN MCN AYA SOFYA: MEMPERSIAPKAN GELOMBANG BESAR ORANG MASUK ISLAM DI INDONESIA

Rabu, 10 Maret 2021 lalu perwakilan dari Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor datang ke kantor MCN Aya Sofya yang berada di Kota Malang. Kunjungan mereka bertujuan untuk mengajak kerjasama di bidang pendidikan dan dakwah.

Mengutip dari situs website https://saa.unida.gontor.ac.id/ tentang Program Studi Studi Agama Agama (SAA) yang pada mulanya dinamakan dengan Program Studi Perbandingan Agama adalah salah satu program studi di Fakultas Ushuluddin. Didirikan bersamaan dengan berdirinya IPD (Institut Pendidikan Darussalam) pada tahun 1966, program studi ini merupakan salah satu dari dua program studi yang tertua yang ada di Universitas Darussalam pada saat ini.

Continue reading