CATATAN PERJALANAN DAKWAH DALAM MEMBANGUN PERADABAN DI DESA YANG SEMUANYA MURTAD MASUK KRISTEN

Catatan perjalanan kami saat pertama kali datang ke pemukiman Suku Da’a, Donggala, Sulawesi Tengah

Sebelumnya MCN AYA SOFYA dan Alm. Ust. Insan LS Mokoginta perna berkunjung ke pemukiman Suku Da’a atas undangan pemuda peduli mualaf untuk mendakwahkan dan memperkuat akidah Islam mereka. Tapi ada yang sangat memprihatinkan, satu-satunya yang dibangun oleh Habib Rotan yang awalnya untuk aktivitas keagamaan, sholat jamaah, dan sholat jum’at sudah tidak digunakan lagi, disislain karena belum bisa dikatakan layak. Mereka mengharapkan adanya sebuah bangunan yang bisa menjadi tempat ibadah tempat dan aktivitas keagamaan yang layah dan nyaman.

Suku Da’a merupakan suku nomaden yang mendiami Sulawesi Tengah dan perbatasan Sulawesi Barat. Mereka bermukim di kawasan hutan dan pegunungan, terutama di gunung Gawalise. Nenek moyang suku Da’a pada awalnya beragama Islam, namun setelah kedatangan misionaris Kristen dan kurangnya kepedulian antar sesama umat Islam terhadap saudara seiman kita, suku Da’a. Sehingga mereka semua pada akhirnya murtad dan masuk Kristen.

Saat kami menginjakan kami di bumi Donggala, terlihat banyak berjejer fasilitas-fasilitas buatan missionaris seperti gereja, tempat pendidikan, dsb. Sedangkan fasilitas umat Islam sengaja dibuta terbengkalai. Sangat miris sekali kan, itulah yang menjadikan satu kampung suku Da’a menjadi murtad dan memeluk agama Kristen.

Tujuan kedatangan kami ke kampung suku Da’a

Kami datang dengan perasaan kecewa terhadap diri sendiri dan umat Islam di Indonesia karena kurang adanya kepedulian kepada umat Islam di pedalaman. Dengan tekad besar kami menerobos hutan dan melalui medan curam dan terjal ingin mengajak mereka untuk kembali memeluk agama Islam.

Dengan ijin Allah tentunya, kami dapat membangun sebuah tempat ibadah bagi mereka agar bisa beribadah dengan nyaman dan layak bersaing dengan belasan gereja yang ada di sana. Hanya ada satu-satunya tempat ibadah Islam di sana yang dibangun oleh Habib Rotan dan itupun sangat kurang layak.

Setelah mengajak mereka untuk kembali memeluk agama Islam, kami telah membangunkan tempat Ibadah yang layak kepada mereka dan mengirimkan seorang Da’i yang bisa membimbing dan mengajarkan mereka tentang agama Islam. Saat ini pembangunan masjid sudah mencapai pada tahap 75%.

Menjadi kendala besar bagi kami adalah mengirimkan material pembangunan ke puncak gunung dengan akses yang tidak mudah, tak jarang mobil angkutan kami terjerembab dan terjebak dalam kubangan tanah saat musim hujan. Sehingga hal itu juga bisa mempengaruhi estimasi waktu pembangunan yang telah direncanakan karena situasi dan kondisinya tidak biasa.

Proses pembangunan Masjid Aya Sofya di pemukiman Suku Da’a memasuki tahap 40%

Selain bangunan masjid yang sudah hampir selesai, kami akan membangun sekolah Gratis di daerah situ. Alhamdulullah tanah sudah dibebaskan dan tinggal pembangunannya saja. Melihat berdirinya bangunan gereja yang tegak dan kokoh di kampung suku Da’a membuat hati kami tergerah untuk membangun pula Masjid yang layak dan nyaman untuk mereka gunakan beribadah dengan layak. Tidak ada sekolah Islam ataupun sekolah umum disana, yang ada hanyalah sekolah kristen yang diperuntukan untuk pendidikan suku Da’a secara gratis.

Umat kristen sungguh luar biasa dalam hal ini, jika dibandingkan pasti akan sangat memalukan jika umat Islam yang Mayoritas di Indonesia ini tidak melakukan apapun. Sehingga kami benar-benar mengajak umat Islam di Indonesia untuk bersama-sama membangun peradaban Islami di pedalaman Indonesia. Termasuk dalam hal ini kami mengajak untuk membangun peradaban Islam di pedalaman Donggala untuk suku Da’a.

Saat ini kami dalam proses penyerahan berkas untuk izin mendirikan bangunan berupa sekolahan Islam di pemukiman suku Da’a. Telah tersediah waqaf tanah yang diatasnya akan kami dirikan sekolah PAUD dan Madrasah Ibtidaiyah yang bertujuan menguatkan aqidah mereka agar tidak kembali murdat ketika ada misionaris datang.

Surat Tugas Peninjauan Izin Mendirikan Bangunan di Desa Lumbulama, Kec. Banawa Selatan, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah
Perincian biaya peninjauan Izin Mendirikan Bangunan untuk sekolah Paud, TK, dan MI di Desa Lumbulama, Kec. Banawa Selatan, Kab. Donggala, Sulawesi Tengah

Jika Anda Ingin membantu dan berjuang bersama kami dalam membangun peradaban Suku Da’a dengan menyelesaikan pembangunan Masjid Aya Sofya Donggala dan Sekolah Gratis untuk Suku Da’a. Silahkan kirimkan donasi anda ke:

  • Rekening donasi Mualaf Center Nasional Aya Sofya Indonesia
    Bank Mandiri 141-00-00-4040-12
    An. Yayasan Thoriqussalam Indonesia QQ Aya Sofya Indonesia
  • Dengan kode transfer 3 digit terakhir diganti: 079
    Contoh: Rp. 100.079,-

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Mualaf Center Nasional Aya Sofya siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Kami siap melakukan edukasi atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.

“Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku dan Muhammad sebagai Nabi-ku dan Rasul utusan Allah”: maka aku adalah penjaminnya, dan akan aku gandeng dia dengan memegang tangannya, sampai aku memasukkannya ke dalam Surga. (HR. At-Thabrani)


Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

KANTOR PUSAT SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2
No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

KANTOR PUSAT MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah Blok Q8, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

PASURUAN: Mualaf Center Nasional Aya Sofya Pasuruan – Griya Kebun Jaya Kav. 64 Kota Pasuruan, Jawa Timur

SURABAYA: Pesantren JEHA Dolly. Jl. Putat Jaya No. 4B, Putat Jaya, Kota Surabaya.

BOGOR: Komplek Kehutanan Cikoneng, No. 15, Ciomas, Bogor.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.

BEKASI: SAHABAT YAMIMA, Jl. Batu Giok II No. 110 B, Bojong Rawalumbu, Rawalumbu, Kota Bekasi, Jawa barat, Kode Pos 17116

TANGERANG: Vila Pamulang Blok CE 1 no 3, RT 02 RW 17, Pondok Benda, Tangerang Selatan.

MANADO: Jl. Pumorow, Kel. Banjer Lingkungan 1 No. 97, Kec. Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kode Pos 95125.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.