SEKOLAH KRISTOLOGI INSAN MOKOGINTA INSTITUTE

Video pemaparan materi Sekolah Kristologi oleh Ust. Ipung Atria (Part 1)

Pentingnya berdakwah kepada Non-Islam

Berdakwah kepada non-Islam adalah perintah Allah yang harus ditunaikan tapi sangat sedikit umat Islam yang mau melakukannya. Bahkan Allah memerintahkan kita untuk mengajak orang-orang yang diberi Alkitab masuk Islam agar diberi petunjuk dan selamat dari siksa neraka, sebagaimana firman-Nya:

فَإِنْ حَآجُّوكَ فَقُلْ أَسْلَمْتُ وَجْهِىَ لِلَّهِ وَمَنِ ٱتَّبَعَنِ ۗ وَقُل لِّلَّذِينَ أُوتُوا۟ ٱلْكِتَٰبَ وَٱلْأُمِّيِّۦنَ ءَأَسْلَمْتُمْ ۚ فَإِنْ أَسْلَمُوا۟ فَقَدِ ٱهْتَدَوا۟ ۖ وَّإِن تَوَلَّوْا۟ فَإِنَّمَا عَلَيْكَ ٱلْبَلَٰغُ ۗ وَٱللَّهُ بَصِيرٌۢ بِٱلْعِبَادِ
Artinya: Kemudian jika mereka mendebat kamu (tentang kebenaran Islam), maka katakanlah: “Aku menyerahkan diriku kepada Allah dan (demikian pula) orang-orang yang mengikutiku”. Dan katakanlah kepada orang-orang yang telah diberi Al Kitab dan kepada orang-orang yang ummi: “Apakah kamu (mau) masuk Islam”. Jika mereka masuk Islam, sesungguhnya mereka telah mendapat petunjuk, dan jika mereka berpaling, maka kewajiban kamu hanyalah menyampaikan (ayat-ayat Allah). Dan Allah Maha Melihat akan hamba-hamba-Nya. (QS. Al-Imran: 20)

Seiring perkembangan dunia berpengaruh pada perkembangan cara berfikir logis. Agama Islam adalah agama yang logis maka dari itu perkembangan Islam di Eropa sangat pesat. Berbeda dengan perkembangan Islam di Indonesia yang sangat rendah, terlebih lagi maraknya misionaris Kristen yang menyasar masyarakat pedalaman. Meskipun di Indonesia mayoritas masyarakat beragama Islam tetapi perkembangan Islam justru tidak lebih baik dari agama Kristen. Orang Kristen berani mendakwahkan ajarannya secara langsung dengan mendatangi setiap rumah umat muslim, seharusnya kita juga harus lebih giat dari mereka karena muslim di Indonesia masih mayoritas.

Mualaf Center Nasional Aya Sofya adalah lembaga sosial dan dakwah yang berkontribusi dalam meningkatkan perkembangan Islam di Indonesia. Kami siap melakukan edukasi atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia agar dapat mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya. Membantu mereka agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta agar mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman dan cinta tanah air.

Kami juga siap sedia membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan secara fisik, materi, ataupun solusi. Bukan rahasia lagi jika saudara kita yang baru masuk Islam (mualaf) kerap kali ditimpah musibah atau cobaan untuk meningkatkan level keimanannya kepada Allah atau menghapus dosa-dosa sebelumnya, Wallahualam Bissawab. Tugas kami adalah mencegah mereka untuk kembali murtad dengan selalu memberi support yang menguatkan, bahwa setiap musibah adalah ujian dari Allah yang harus dihadapi dengan keteguhan hati.

Pentingnya mempelajari Kristologi

Marak modus-modus pemurtadan beredar di masyarakat menandakan bahwa kristologi sangat penting untuk dipelajari sedini mungkin. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah banyak umat Islam yang masih menganggap tabu mempelajari kitab Bible atau sesuatu hal yang berhubungan dengan Kristen. Padahal hal tersebut sangat penting dipelajari agar dapat membentengi diri dari ajaran-ajaran sesat. Jika dalam hati kita terdapat iman yang kuat terhadap agama Islam, mempelajari kitab Bible bukanlah hal sulit.

Kita bisa melakukan perbandingan agama, membandingkan kitab suci lain dengan merujuk pada Al-Qur’an, sesungguhnya Al-Qur’an bukanlah suatu keraguan. Maka akan tumbuh semakin besar cinta kita kepada agama Islam karena begitu logisnya agama Islam hingga bisa diterima oleh akal sehat. Hal itu juga bisa dijadikan bahan untuk berdialog sekaligus berdakwah kepada misionaris. Selain itu dengan melakukan perbandingan agama kita lebih dapat bertoleransi tanpa menjerumuskan diri sendiri pada kesesatan.

Dalam kasusnya, sebagian besar umat Islam masih mengucapkan selamat natal pada saudara kita umat Kristen, padahal hal tersebut tidak boleh dilakukan karena secara tidak langsung kita meyakini keyakinan mereka bahwa Yesus adalah Tuhan yang telah dilahirkan. Sehingga bentuk toleransi yang benar adalah cukup tidak mengganggu ritual keagamaan mereka. Bukan berarti umat Islam yang tidak mengucapkannya termasuk intoleransi, melainkan tetap menjaga rasa saling menghormati tanpa menjerumuskan diri sendiri. Secara akidah dan keyakinan kita tidak mungkin bersatu, tapi kita tetap akan bersatu dalam saudara sebangsa dan setanah air.

Mempelajari kristologi akan menambah wawasan kita yang selama ini telah salah kaprah tentang agama Kristen dan kitab sucinya. Membaca kitab suci agama lain sesekali bukanlah suatu dosa atau berhukum haram, tetapi termasuk dosa besar adalah saat tidak memiliki keimanan yang kuat terhadap agama Islam.

Sekolah Kristologi Insan Mokoginta Institute

Sebagai lembaga sosial dan dakwah salah satu Visi dan Misi kami dalam menyelaraskan perkembangan zaman adalah dengan mencetak kader-kader Islami yang dapat mensyiarkan kebenaran dan mendakwahkan ajaran Islam dimanapun ia berada. Oleh karena itu demi mendukung hal itu kami mendirikan Sekolah Kristologi bernama Insan Mokoginta Institute sebagai sarana kegiatan belajar mengajar untuk memberikan banyak pemahaman mengenai kristologi dan keislaman.

Kristologi adalah cabang ilmu teologi yang menjelaskan mengenai kedudukan Yesus Kristus dalam agama Kristen. Kita tahu bahwa umat Kristen menempatkan Yesus sebagai bagian dari Tuhan sebagaimana dogma ketuhanan Trinitas. Hal itu sangat berlawanan dengan keyakinan umat Islam meyakini Yesus sebagai utusan Allah yang kita kenal sebagai Nabi Isa dan satu-satunya sesembahan adalah Allah yang tidak beranak dan diperanakan.

Adanya Sekolah Kristologi akan menjadi harapan baru bagi kami untuk dapat membuka cara pandang kebanyakan orang yang masih belum mengetahui pentingnya kristologi. InsyaAllah, dapat menghilangkan stigma negatif masyarakat yang menganggap bahwa kristologi bagian dari ilmu yang dapat menjerumuskan orang lain pada kemurtadan. Selain itu dengan mempelajari kristologi juga dapat menumbuhkan rasa toleransi yang sehat.

Manfaat dan Fungsi Sekolah Kristologi

Tidak ada salahnya mempelajari ilmu-ilmu baru karena setiap ilmu yang telah didapatkan sangat berharga, begitu pula Allah lebih memuliakan seorang yang berilmu daripada seorang ahli ibadah tanpa ilmu. Berikut ini adalah manfaat dan fungsi yang dihasilkan dengan adanya Sekolah Kristologi:

  1. mencetak da’i/daiyah yang mampu berdakwah mensyi’arkan agama Islam,
  2. mencetak da’i/daiyah yang mampu berdebat dan berdialog dengan para misionaris Kristen,
  3. mencetak da’i/daiyah yang militansi dalam membela agama Islam,
  4. membentengi diri dari pemurtadan,
  5. meneguhkan keimanan seseorang bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar,
  6. menghormati perbedaan dengan cara bertoleransi yang baik dan sesuai dengan ajaran Islam.
Video pemaparan materi Sekolah Kristologi oleh Ust. Ipung Atria (Part 2)

Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.