PENEMUAN USTADZ AHMAD KAINAMA YANG MENGEJUTKAN UMAT MANUSIA: NAMA MUHAMMAD DALAM ALKITAB ATAU BIBLE

USTADZ AHMAD KAINAMA

Ustadz Ahmad Kainama adalah seorang mantan pendeta yang pernah belajar theologi hingga ke tempat lahir Yesus yakni Kota Yerusalem. Beliau menemukan kebenaran yang terlewati dalam Alkitab. Mengenai esensi kitab Yesaya pasal 42 ayat 1, kitab Yohanes pasal 14 ayat 16, dan kitab Yohanes pasal 16 ayat 13. Masih banyak ayat-ayat lain yang pada dasarnya mengandung penjelasan akan datang seseorang yang mengajarkan perintah Allah.

1. Yesaya 42: 1 tentang “orang pilihan-Ku

Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa. [Yesaya 42:1]

Pemahaman menurut Ustadz Ahmad Kainama tentang beberapa kata penting dalam ayat ini adalah:

  1. Hamba Allah, yang didalam ayat di atas tertulis dalam bahasa Ibrani nya adalah עבדי abdi (dengan menggunakan huruf ‘ayin), abdi Allah atau Abdullah عبدالله
  2. Disebutkan abdi Allah ini adalah אתמך atau ‘etmakh’.
  3. ‘etmakh’ ini adalah abdi Allah yang dicurahkan kepadanya yaitu רוּחִי עָלָיו atau terbaca ‘ruhi alii’, Allah mencurahkan ‘roh’ kepada ‘etmakh’.
  4. Dan ‘etmakh’ ini melakukan pengajaran ‘sentences’ atau yang pada ayat di atas tertulis sebagai משפט (misfat yang didalam bahasa Ibrani itu, bahasa inggrisnya sentence).
  5. Bagian akhir ayat tertulis לַגּוֹיִם יוֹצִיא (lagoyiim yotsii) yang artinya ‘go to nations’ atau ‘pergi kepada bangsa-bangsa’, ‘kepada bangsa-bangsa’.

Dan ternyata, kata ‘etmakh’ ini memang hanya ditemukan satu kali di seluruh kitab Torah, Nevi’im, dan Kethubvi’im. Kata ‘etmakh’ hanya ada di kitab Yesaya pasal 42 ayat 1. Ada ratusan ayat dalam Torah, Nevi’im, atau Kethubvi’im yang terdapat kata ‘pegang’, ‘hold’ atau ‘uphold’. Tetapi tidak ada yang menggunakan bahasa Ibrani ‘etmakh’ melainkan ‘lekhi’im’, ‘lehhatzikh’, atau ‘leshemor’.

Kitab Yesaya pasal 42 ayat 1 juga bukanlah membicarakan nabi Yakub karena diperkirakan ditulis pada tahun antara 700 SM sampai tahun 680 SM. Sedangkan nabi Yakub hidup antara tahun 1750 SM sampai tahun 1570 SM. Tradisi tentang Yakub terhimpun selama beberapa abad. Namun sejauh dapat diperkirakan bahwa Yakub adalah pribadi historis jadi sepertinya beliau hidup pada periode antara 1750 dan 1570 SM.

Jika berpegangan dari penjelasan diatas maka tidaklah berlebihan jika Yesaya pasal 42 ayat 1 disimpulkan sebagai berikut ini: “Hamba Allah atau Abdi Allah (Abdullah) ‘etmakh’ mendapatkan curahan ‘roh’ dari Allah untuk mengajarkan hukum Allah kepada bangsa-bangsa”, atau didalam bahasa Ibrani nya terbaca אלוהים חוק   “khukh ellohim”.

2. Yohanes tentang “seorang Penolong yang lain dan Roh Kebenaran

Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya, [Yohanes 14:16]

Melalui ayat ini Yesus memberitahukan kepada pengikutnya tentang kedatangan Rasulullah di masa depan sebagaimana petunjuk dari Tuhan. Begitu pula dalam Yohanes pasal 16 ayat 13 berikut ini:

Tetapi apabila Ia datang, yaitu Roh Kebenaran, Ia akan memimpin kamu ke dalam seluruh kebenaran; sebab Ia tidak akan berkata-kata dari diri-Nya sendiri, tetapi segala sesuatu yang didengar-Nya itulah yang akan dikatakan-Nya dan Ia akan memberitakan kepadamu hal-hal yang akan datang. [Yohanes 16:13]

Di dalam Alkitab, Yesus selalu mengatakan dan menekankan bahwa yang akan datang setelah beliau adalah ‘roh kebenaran’  ורוח האמת (terbaca : ruah ha’amat) ‘roh – amat’, dan bukan ‘roh kudus’ atau רוח קודש  ‘ruah – khodes’ sebagaimana yang selalu diklaim oleh saudaraku Kristian.

Menurut Ustadz Ahmad Kainama, kata ‘Roh Kudus’ dalam kitab Perjajian Baru jika diterjemahkan kedalam bahasa Yunani adalah πνεῦμα ἅγιον (terbaca : pneuma hagion atau pneuma hogion). Sedangkan kata ‘roh kebenaran’ yang terdapat didalam Yohanes 14 dan 16 dalam bahasa Yunani nya adalah πνεῦμα τῆς ἀληθείας (terbaca : pneuma tes aletheias).

Kata ‘roh kudus’ didalam bahasa Ibrani adalah ‘ruah ha khodesh’ dan kata ‘roh kebenaran’ adalah ‘ruah ha amat’. Mari kita bedakan dengan hati terbuka dan kejujuran. Apakah beliau (Yesus) tidak bisa membedakan tentang ‘ruah ha khodesh’ dan ‘ruah ha amat’ ?

Dan sesudah berkata demikian, Ia mengembusi mereka dan berkata: “Terimalah Roh Kudus [Yohanes 20:22]

Yesus adalah seseorang yang sangat baik karena telah menunjukan dengan jelas bahwa beliau membedakan antara ‘roh kudus’ dengan ‘roh kebenaran’. Menurut informasi yang sangat valid, Yesus sendiri menyatakan bahwa sosok yang akan datang itu adalah ‘ruah ha amat’ dan bukan ‘ruah ha khodesh’. Jadi sebenarnya Yesus sedang mengabarkan tentang kedatangan Rasulullah, nabi Muhammad.

3. Al-Qur’an menjawab semua keraguan dalam Alkitab

Sebagaimana kejanggalan yang ditemukan oleh Ustadz Ahmad Ahmad Kainama dalam Alkitab. Ternyata Al-Qur’an memberi jawaban dari semua keraguannya. Tepatnya pada QS. As-Shaff ayat 6, berikut ini:

وَإِذْ قَالَ عِيسَى ٱبْنُ مَرْيَمَ يَٰبَنِىٓ إِسْرَٰٓءِيلَ إِنِّى رَسُولُ ٱللَّهِ إِلَيْكُم مُّصَدِّقًا لِّمَا بَيْنَ يَدَىَّ مِنَ ٱلتَّوْرَىٰةِ وَمُبَشِّرًۢا بِرَسُولٍ يَأْتِى مِنۢ بَعْدِى ٱسْمُهُۥٓ أَحْمَدُ ۖ فَلَمَّا جَآءَهُم بِٱلْبَيِّنَٰتِ قَالُوا۟ هَٰذَا سِحْرٌ مُّبِينٌ

Artinya: Dan (ingatlah) ketika Isa ibnu Maryam berkata: “Hai Bani Israil, sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu, membenarkan kitab sebelumku, yaitu Taurat, dan memberi khabar gembira dengan (datangnya) seorang Rasul yang akan datang sesudahku, yang namanya Ahmad (Muhammad)”. Maka tatkala rasul itu datang kepada mereka dengan membawa bukti-bukti yang nyata, mereka berkata: “Ini adalah sihir yang nyata”.
(QS. As-Shaff: 6)

Beberapa ayat Alkitab diatas tidak disampaikan secara gamblang sehingga menimbulkan keragu-raguan dan mudah terjadi penyelewengan makna. Namun jika dikaji lebih dalam dengan menghubungkan pada ayat-ayat sebelum dan sesudahnya. Maka menjelaskan bahwa akan ada sosok pemimpin terakhir yang membimbing semua umat manusia.

Penemuan lain Ustadz Kainama setelah mendkaji Alkitab lebih dalam adalah adanya nama Muhammad sebagai pemimpin terakhir umat manusia. Telah dijelaskan dalam artikel berikut ini (klik disini).

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita agar berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Mualaf Center Nasional Aya Sofya siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan. Baik pertolongan secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Mualaf Center Nasional Aya Sofya juga siap melakukan pembinaan atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia. Agar mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya. Serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah. Membentuk mualaf yang mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.


Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-2243196-9
AN. MUALAF CENTER AYA SOFYA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

SURABAYA: Purimas Regency B3 No. 57 B, Kec. Gn. Anyar, Kota SBY, Jawa Timur 60294.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.


Leave a Reply

Your email address will not be published.

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.