MUALAF CENTER MANADO: BANTUAN MEJA UNTUK TPQ AYA SOFYA AL-BAITS DI SULAWESI UTARA

Bantuan 21 meja untuk santri mengaji di TPQ Aya Sofya Al-Baits, Kelurahan Meras, Kec. Bunaken, Kota Manado

Pada Oktober 2021 lalu, MCN Aya Sofya mendirikan TPQ Al-Baits yang merupakan TPQ ke Empat yang berhasil diresmikan. Tujuannya untuk mencetak generasi-generasi Qur’ani di Kelurahan Meras, Kec. Bunaken, Kota Manado. Hingga saat ini, kurang lebih hampir 10 TPQ Aya Sofya akan tersebar di pelosok Sulawesi Utara. Semua itu berkat pejuang tangguh kami di Sulawesi Utara dan dukungan dari sahabat donatur setia Aya Sofya dimanapun berapa.

Awal mulanya muncul keinginan untuk mendirikan TPQ dikarenakan masih banyaknya anak-anak di pelosok Sulawesi yang memanfaat waktu luangnya hanya dengan bermain. Ketika berjumpa dengan mereka, kami pun bertanya: “apakah bisa mengaji?” dan mereka menjawab: “tidak bisa”. Kami bertanya lagi: “apakah ada TPQ?”, lalu mereka menjawab: “tidak ada”. Ada sedih dalam benak kami melihat kondisi yang seperti itu. Mereka adalah generasi yang di usianya sudah harus diajarkan ilmu agama tetapi tidak ada yang menfasilitasi.

Sebagai pejuang dakwah, hal itulah yang mendasari kami mendirikan TPQ di pelosok Sulawesi Utara dan pelosok nusantara. Harapan dan cita-cita kami selanjutnya adalah dapat mendirikan Taman Kanak-kanan dan Sekolah Dasar Aya Sofya. Kami mohon do’a dan dukungan dari Sahabat Aya Sofya dimanapun berada agar tujuan kami ini dapat tercapai dan kami dapat selalu istiqomah mensyiar dakwahkan Islam sampai akhir hayat.

Pada saat peresmian TPQ Al-Baits, kami telah berjanji untuk membawa bantuan lain selain Al-Qur’an dan buku Iqra’ untuk anak-anak yakni bantuan berupa meja. Akan tetapi bantuan itu tidak dapat langsung sampai pada hari itu juga karena masih harus mengumpulkan dana lagi untuk program kerja ini. Kami tidak menganggarkan dana dari donatur untuk satu program saja, melainkan dibagi untuk banyak program agar dakwah kami lebih merata dalam segala aspek kehidupan jadi tidak terpusat di satu titik.

Hari Jum’at, 18 Maret 2022, kami menyalurkan 21 meja ke TPQ Al-Baits untuk melunasi janji kami saat peresmian TPQ pada Oktober lalu. Selain itu, kami juga berencana untuk membagikannya ke berbagai TPQ lainnya yang membutuhkan bantuan meja. Tujuannya agar kegiatan mengaji dan belajar agama bisa lebih nyaman dan kondusif. Targetnya masih ada 108 meja yang akan dibagikan dan kemungkinan masih akan bertambah lagi, Insyaallah. Donatur kita yang memberikan fasilitas meja ini adalah keluarga Bapak Rachmat Askari Bin Mochtar Kusumaadmaja di Jakarta Selatan. Jazakumullahu Khairan karsiraan.

Proses produksi bantuan meja di rumah seorang dhuafa pengrajin kayu.
Produksi bantuan meja di rumah seorang dhuafa pengrajin kayu sudah setengah jadi.

Bantuan meja yang kami salurkan dibuat langsung dari pengrajin kayu yang merupakan seorang dhuafa, sehingga tujuan kami juga bisa membantu beliau agar lebih produktif secara ekonomi. Setelah mengutus anggota kami untuk survei dan membeli bahan berupa triplek, kayu, dan lainnya pada saat itu pun langsung dibawa ke rumah seorang dhuafa untuk dibuatkan meja. Perasaan kami sangat senang telah menjadi bagian penting dalam mencetak generasi emas, generasi Qur’ani. Harapannya adalah semoga mereka bisa meneruskan dakwah kami hingga ke lintas generasi, sehingga Islam akan terus berjaya dan tak akan lekang oleh waktu.

“Pada hari ini kami, TPQ Aya Sofya Al-Baits, menerima bantuan meja dan bangku untuk mengaji sebanyak 21 Meja dari donatur Bapak Rachmat Askari Bin Mochtar Kusumaadmaja dan Ibu Yana Nurjannah Binti Muh Chanan dari Jakarta Selatan. InsyaAllah ini akan menjadi berkah untuk bapak dan ibu. Pahalanya akan berlipat ganda dari jama’ah dan anak-anak yang mengaji di Masjid Al-Baits. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada MCN Aya Sofya Sulut yang telah menjadi perantara sampai di sini, sehingga kami bisa menerima manfaat dari para donatur yang ikhlas kepada kami dan InsyaAllah semua itu akan mendapatkan pahala dan ganjaran dari Allah Subhanallah Ta’ala yang besar dan dilipat gandakan rezeki nantinya. Demikian yang dapat kami sampaikan, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabaratuh”. Ketua TPQ Aya Sofya Al Baits Kel. Meras Kec. Bunaken Kota Manado, Bapak Harianto, menyampaikan ucapan terima kasih kepada para donatu dan MCN Aya Sofya Sulut.

Ucapan terima kasih oleh Ketua TPQ Aya Sofya Al Baits Kel. Meras Kec. Bunaken Kota Manado.
Ucapan terima kasih oleh Ketua MCN Aya Sofya Sulawesi Utara.

“Bimillahirahmanirahim, MasyaAllah, Segala puja dan puji syukur adalah milik Allah Subhanallah Ta’ala. Sehingga pada hari ini kami, MCN Aya Sofya Indonesia cabang Sulawesi Utara berada di kelurahan Meras Lingkungan 3, Kec. Bunaken, Kota Manado, Provinsi Sulawesi Utara yang gunanya kami berada di sini untuk menjembatani dan menfasilitasi kebutuhan anak-anak santri TPQ Al-Baits Aya Sofya yang berada di keimaman Masjid Al-Baits. Pada hari ini berbentuk meja TPQ sebanyak 21 meja yang sudah kami salurkan dan serah terima dengan keimaman yang ada di sini. Dan kegiatan TPQ di sini diadakan pada setiap malam, ba’da maghrib. Insyaallah sudah bisa termanfaatkan. Untuk itu kami mengucapkan terimakasih banyak wabil khusus pada hari ini donatur kami adalah donatur Bapak Rachmat Askari Bin Mochtar Kusumaadmaja dan Ibu Yana Nurjannah Binti Muh Chanan dari Jakarta Selatan. InsyaAllah apa yang diberikan kepada kita pada hari ini sangat bermanfaat dan akan dibalas pahala oleh Allah. Semoga hajat besar yang dimiliki para donatur dikabulkan oleh Allah. Dan apa yang diberikan pada hari ini membawa keberkahan. Aamiiin….”. Ucapan terima kasih dari ketua MCN Aya Sofya Sulawesi Utara, Ibu Henny Moningka.

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Manado dan Mualaf Center Nasional Aya Sofya, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf.

Melakukan edukasi atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.


Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.