KOLABORASI MCN AYA SOFYA X UNIVERSITAS DARUSSALAM GONTOR

Foto bersama setelah penandatanganan Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama.

KOLABORASI PONDOK PESANTREN GONTOR DAN MCN AYA SOFYA: MEMPERSIAPKAN GELOMBANG BESAR ORANG MASUK ISLAM DI INDONESIA

Rabu, 10 Maret 2021 lalu perwakilan dari Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor datang ke kantor MCN Aya Sofya yang berada di Kota Malang. Kunjungan mereka bertujuan untuk mengajak kerjasama di bidang pendidikan dan dakwah.

Mengutip dari situs website https://saa.unida.gontor.ac.id/ tentang Program Studi Studi Agama Agama (SAA) yang pada mulanya dinamakan dengan Program Studi Perbandingan Agama adalah salah satu program studi di Fakultas Ushuluddin. Didirikan bersamaan dengan berdirinya IPD (Institut Pendidikan Darussalam) pada tahun 1966, program studi ini merupakan salah satu dari dua program studi yang tertua yang ada di Universitas Darussalam pada saat ini.

Program Studi Studi Agama Agama (SAA) selalu berkomitmen untuk meningkatkan kualitas mahasiswanya dalam segi akhlak, intelektual, dan spiritual demi terciptanya generasi tangguh yang mampu berkiprah dalam level nasional maupun internasional, demi agama, bangsa dan negaranya.

Kita pun sama-sama mengetahui bahwa Pondok Modern Gontor bertujuan untuk mencetak dan menyiapakan insan-insan akademis. Namun, mereka membutuhkan lahan untuk mengimplementasikan ilmunya kepada masyarakat. Sedangkan MCN Aya Sofya adalah lahan yang tepat bagi mereka.

Sebagaimana amanat dari Alm. Ustadz Insan LS Mokoginta mendirikan MCN Aya Sofya untuk menjadi lembaga yang dapat mengembalikan 90% dari populasi masyarakat Indonesia yang beragama Islam,  menghalau pemurtadan, dan mencetak kader mualaf menjadi dai/daiyah plus. Sehingga SAA UNIDA Gontor dan MCN Aya Sofya memiliki tujuan yang sama, akan menjadi kolaborasi yang positif jika saling bekerja sama.

Program kerja MCN Aya Sofya banyak mengkaji agama dari perspektif akademis, melakukan perbandingan agama, mengedukasi, dan mengadvokasi mualaf. Hanya saja kendala kami adalah keterbatasannya jumlah dai/dai’yah yang siap berdakwah di penjuru Indonesia. Kerjasama ini akan menghasilkan sinergi yang positif dari kedua belah pihak.

Rabu, 06 Oktober 2021 kami bersama dengan Ust. Kainama melakukan kunjungan ke Universitas Darussalam Gontor untuk menindak lanjuti Nota Kesepahaman dan Perjanjian Kerjasama. Kami menyetujui hal itu, secara resmi kerjasama kami dengan Fakultas Ushuluddin Universitas Darussalam Gontor telah terbentuk. Kami siap memberikan ruang dan waktu untuk turut serta mencetak dai/da’iyah.

Rabu, 27 Oktober 2021 sejumlah 21 mahasiswa dan 2 dosen pembimbing dari Program Studi Agama-agama Universitas Darussalam Gontor datang ke MCN Aya Sofya untuk melakukan studi akademik. Kami pun mendatangkan pakar Yudaisme (salah satu murid dari Rabbi Yahudi) yakni Bunda Eko Etika Noor.

Banyak pembelajaran yang bisa mereka dapatkan tentang sejarah mula-mula terbentuknya agama Yahudi, tradisi, dan ajaran agama Yahudi. Harapan kami, semoga hal itu bisa bermanfaat dan menjadi bekal ilmu bagi mereka untuk mensyiarkan Agama Islam dimanapun mereka berada.

Studi akademik oleh mahasiswa UNIDA Gontor bersama Bunda Etika.
Studi akademik oleh mahasiswi UNIDA Gontor bersama Ust. Kainama.

Selasa, 21 Desember 2021 sejumlah 23 mahasiswi dan 2 dosen pendamping juga datang ke MCN Aya Sofya untuk mendapatkan ilmu yang luar biasa dari tuan guru kita yakni Ust. Ahmad Kainama dan Ust. Dokter Anwar Lutfi. Kedua beliau itu adalah seorang guru yang luar biasa.

Ustadz Kaimana adalah seorang mantan Pendeta yang masuk Islam justru karena mendalami agama Kristen. Beliau beliau bisa berbahasa Ibrani, belajar Theologi sampai ke Yerusalem mendalami Alkitab dengan bahasa aslinya. Sehingga beliau mampu memberikan bukti-bukti atas apa yang disampaikannya secara lebih akademis dan masuk akal. Ilmu beliau sangat mumpuni sehingga sangat peka terhadap penyimpangan agama yang oleh masyarakat awam mungkin tidak disadari.

Sedangkan Ust. Dokter Anwar Lutfi adalah seorang sering kami juluki Dr. Zakir Naik versi Indonesia, beliau adalah seorang dokter umum yang pada mulanya hanya tertarik dengan bidang ilmu kristologi dan perbandingan agama hingga pada akhirnya memutuskan untuk menjadi pendakwah dan berkontribusi untuk mensyiarkan Islam. Materi ilmu yang beliau sampaikan lebih realistis dan logis sehinga mudah diterima oleh berbagai kalangan termasuk para mahasiswa dan mahasiswi UNIDA Gontor.


Rekomendasi Artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.