INILAH KISAH MUALAF DI MANADO: TIGA SYARAT UTAMA MASUK ISLAM SUDAH TERPENUHI

وَمَنْ يَّبْتَغِ غَيْرَ الْاِسْلَامِ دِيْنًا فَلَنْ يُّقْبَلَ مِنْهُۚ وَهُوَ فِى الْاٰخِرَةِ مِنَ الْخٰسِرِيْنَ

Artinya: “Dan barangsiapa mencari agama selain Islam, dia tidak akan diterima, dan di akhirat dia termasuk orang yang rugi.” (QS. Ali Imran: 85)

Sebagai umat manusia yang agama Islam meyakini bahwa tidak ada agama yang benar kecuala Agama Islam. Barang siapa yang mencari agama selain Islam maka tidak akan di terima. Selanjutnya dalam proses seseorang dapat memeluk agama Islam maka ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi:

1. Seseorang yang ingin memeluk agama Islam harus benar-benar atas keinginannya sendiri, tidak boleh atas paksaan orang lain. Sebagaimana hal yang selalu kami tanyakan kepada calon mualaf yang hendak memeluk agama Islam.

2. Ketika seseorang memeluk agama Islam maka dia diwajibkan untuk masuk Islam secara utuh dan menyeluruh atas jiwa dan raga. Sehingga ketika seseorang ingin telah memeluk agama Islam maka sudah seharunyya menjalankan segala anjuran dan ajaran agama Islam.

3. Agama Islam juga menjunjung tinggi peran orang orang tua, sehingga meskipun berbeda keyakinan dan agama dengan orang tua. Kita masih tetap harus berbakti kepada mereka, menyayangi, dan mendoakan supaya diberikan hidayah oleh Allah.

Dalam hal ini calon mualaf sanggup memenuhi persyaratan tersebut diatas, Sehingga kamipun dengan perasaan bersyukur kepada Allah bersedia menfasilitasi saudara kita yang bernama Refly Kundiman untuk bersyahadat dan memeluk agama Islam.

Prosesi Pensyahadatan

Pada kali ini adalah proses pensyahadatan dari saudara Refly Kundiman. Kegiatan prosesi pensyahadat didampingi oleh Ibu Henny Moningka dan rekan MCN Aya Sofya Sulut lainnya. Sebagaimana pensyahadatan pada umumnya, kegiatan penyahadatan dimulai dengan pembacaan bismillah dan pembacaan 2 kalimat syahadat yang dipandu oleh Dr. Mardan Umar, M.Pd.i di Kelurahan Tumumpa Dua Lingkungan 3, Kecamatan Tuminting, Kota Manado.

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُوْلُ اللهِ

(Asyhadu an laa ilaaha illallaahu, wa asyhaduanna muhammadar rasuulullah)

Artinya: “Aku bersaksi bahwa tidak ada Tuhan melainkan Allah. Dan aku bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan Allah”.

Dua kalimat syahadat terucap dari seorang pemuda yang telah menemukan kebenaran yang selama ini dicarinya. Atas berkah rahmat Allah dan hidayah-Nya sehingga telah bertambah satu lagi saudara kita yang telah kembali pada fitrah yang benar yakni agama Islam.

Alhamdulillah…Alhamdulillahi rabbil ‘alamin, segala puji syukur kepada Allah dengan bertambahnya saudara kita yang telah kembali pada jalan kebenaran yakni Agama Islam. Semoga saudara kita ini bisa menjadi seorang muslim yang kaffah dengan mematuhi segala perintah Allah dalam hukum-hukum Islam dan mengamalkannya hingga maut datang menjemput.

Selanjutnya agar ke-Islamannya diketahui masyarakat dan diakui pemerintah, hingga dapat dicantumkan dalam identitas diri, maka semestinya ucapan syahadatain diikrarkan di depan ulama’ dan para saksi untuk kemudian diberi sertifikat sebagai tanda bukti.

Hal tersebut juga bertujuan untuk mencegah hal-hal yang tidak dinginkan seputar hak beragama bagi warga negara di Indonesia. Berikut ini adalah persyaratan lain sebagai pendukung yang harus disiapkan bagi calon mualaf yang ingin masuk islam:

  1. Foto kopi KTP
  2. Foto kopi KK
  3. Foto kopi Akte Lahir
  4. Foto kopi Surat Baptis
  5. Foto 4 x 6 = 2 Lembar
  6. Materai 2 Lembar

Seperti biasanya, setelah melakukan syahadat kami pun memberikan beberapa bingkisan sebagai bekal dalam memperdalam agama Islam seperti  iqra’, baju koko, sajadah, dan Al-Qur’an dengan harapan dapat dimanfaatkan dengan baik untuk mendalami agama Islam.

Hampir setiap hari selalu ada seseorang yang menghubung kami dengan niat ingin mendapatkan pembinaan masuk Islam. Tentu kami sangat menyambutnya dengan suka cita, itu artinya banyak orang-orang yang telah menerima fakta bahwa Islam adalah satu-satunya agama yang benar.

Ketauhidan adalah kebenaran yang haqiqi dalam menjalankan firman Tuhan yang sebenar-benarnnya. Selama ini umat Kristen mungkin merasa telah menjalankan firman Allah, tetapi pada kenyataannya tidak ada firman tuhan yang mereka jalankan, ibadah mereka justru tidak sesuai dengan yang disampaikan oleh Bible.

Kami ucakan terimakasih kepada Yayasan Sahabat Yamima yang dipimpin oleh Ust. Rizal Abu Fatih atas donasi Al-Quran. Kepada Bunda Itta di Australia atas paket buku tuntunan shalat dan Iqra’. Serta kepada Bunda Miya Hasbullah di Jakarta atas baju taqwa dan sajadah. Kami mengucapkan terimakasih kepada seluruh donatur yang turut membantu kami dalam syiar dan dakwah Islam. Semoga senantiasa diberikan kelancaran dan kemudahan oleh Allah dalam menjalankan aktifitas keseharian. Aamiin Aamiin ya Rabbal ‘Alamin …

Berkhitan setelah masuk Islam

Beberapa waktu setelah sah memeluk Islam dan menjadi bagian dari umat Islam. Saudara kita ini, mualaf Refly melakukan Khitan. Sebagaimana ajaran yang diajarkan dalan Islam, perlu kita ketahui bahwa dalam kitab Injil menjelaskan bahwa Yesus juga melakukan Khitan. Jadi memang sebenarnya Khitan adalah salah satu ajaran yang wajib diamallkan untuk umat manusia.

Sebagaimana Rasulullah bersabda: “𝑁𝑎𝑏𝑖 𝐼𝑏𝑟𝑎ℎ𝑖𝑚, 𝑘𝑒𝑘𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑇𝑢ℎ𝑎𝑛 𝑌𝑎𝑛𝑔 𝑀𝑎ℎ𝑎 𝑃𝑒𝑛𝑔𝑎𝑠𝑖ℎ 𝑡𝑒𝑙𝑎ℎ 𝑏𝑒𝑟𝑘ℎ𝑖𝑡𝑎𝑛 𝑑𝑒𝑛𝑔𝑎𝑛 𝑘𝑎𝑚𝑝𝑎𝑘 𝑝𝑎𝑑𝑎 𝑠𝑎𝑎𝑡 𝑏𝑒𝑙𝑖𝑎𝑢 𝑏𝑒𝑟𝑢𝑚𝑢𝑟 𝑑𝑒𝑙𝑎𝑝𝑎𝑛 𝑝𝑢𝑙𝑢ℎ 𝑡𝑎ℎ𝑢𝑛”.
(HR. Bukhari dan Muslim).

Khitan merupakan pangkal fitrah, syiar Islam, dan syari’at yang membawa kesempurnaan agama yang disyariatkan Allah melalui Nabi Ibrahim dan diajarkan oleh Nabi Muhammad kepada para pengikutnya.Terlepas dari semua itu Khitan merupakan perintah Allah yang harus dilaksanakan sebagai bentuk ketaatan umat Islam atas perintah, hukum, dan kekuasaan Allah.

Perlu kita ketahui bahwa motivasi terbesar beliau untuk memeluk agama Islam karena menyadari bahwa agama Islam sebenarnya Indah dan penuh kasih. Dengan apa yang diyakininnya itu beliau ingin belajar memperdalam agama Islam dan melakukan segala bentuk amalan yang dianjurkan oleh agama Islam seperti: sholat dan mengaji.

إِنَّ الَّذِينَ قَالُوا رَبُّنَا اللَّهُ ثُمَّ اسْتَقَامُوا تَتَنَزَّلُ عَلَيْهِمُ الْمَلَائِكَةُ أَلَّا تَخَافُوا وَلَا تَحْزَنُوا وَأَبْشِرُوا بِالْجَنَّةِ الَّتِي كُنْتُمْ تُوعَدُونَ

Artinya: Sesungguhnya orang-orang yang mengatakan: “Tuhan kami ialah Allah” kemudian mereka meneguhkan pendirian mereka, maka malaikat akan turun kepada mereka dengan mengatakan: “Janganlah kamu takut dan janganlah merasa sedih; dan gembirakanlah mereka dengan jannah yang telah dijanjikan Allah kepadamu”. (QS. Fussilat: 30)

Mualaf Center Nasional Aya Sofya senantiasa menyambut dengan hangat saudara kita yang telah mendapatkan hidayah ingin memeluk agama Islam dengan adanya pembinaan dari mulai pengenalan dasar ke-Islaman hingga mempelajari ilmu keagamaan mulai dari tingkat dasar sampai lanjutan.

Lembaga ini juga difokuskan dalam pemberdayaan ummat kepada para mualaf di seluruh Indonesia dengan menjadi media perantara yang menyalurkan dan menjembatani para Muhsinin (orang-orang baik) untuk saling berbagi sebagian rizkinya kepada saudara kita para mualaf dhuafa di pelosok-pelosok nusantara.

“Aku rela Allah sebagai Tuhanku, Islam sebagai Agamaku dan Muhammad sebagai Nabi-ku dan Rasul utusan Allah”: maka aku adalah penjaminnya, dan akan aku gandeng dia dengan memegang tangannya, sampai aku memasukkannya ke dalam Surga. (HR. At-Thabrani)


Rekomendasi artikel:


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.