PENEMUAN TERBARU: NAMA NABI MUHAMMAD TERTERA ASLI DI BIBLE || Eksklusif Ust. Kainama (Part 2)


Anda Penasaran Tulisan Bagian Pertama?

PENEMUAN TERBARU: NAMA NABI MUHAMMAD TERTERA ASLI DI BIBLE || Eksklusif Ust. Kainama (Part 1)


Dengan segala kerendahan hati, mari kita perhatikan gambar dibawah ini

Gambar 1. Kitab Yesasa Pasal 42:1 dari Dead Sea Scroll – Qurman.
Gambar 2. Heneh avdii atmokh bo, bechiri ratzetah nafshi; natatti ruchi alav, mishpat laggoyim yotz

Naskah Gua-gua Qumran, adalah suatu kumpulan sekitar 981 naskah berbeda yang ditemukan antara tahun 1946 dan 1956 dalam 11 gua di sekitar pemukiman kuno di Khirbet Qumran di Tepi Barat. Gua-gua tersebut terletak sekitar 2 kilometer ke pedalaman dari sebelah barat laut pantai Laut Mati, tempat asal naskah-naskah tersebut memperoleh namanya.
(sumber:  Down, David. Unveiling the Kings of Israel. p. 160. 2011.)

Gambar 3. Tertulis dalam hururf imperial Aramaic
Gambar 4. Seturut dengan naskah asli Qumran, terbaca “Ahmod” bukan ‘etmakh’.
Aramaic alphabet, mohon dicocokkan sendiri.

Sekali lagi mohon ma’afkan aku.
Jika saudara Kristian tidak setuju, maka saya dengan segala kerendahan hati akan menghormati dan menghargai pendapat saudara Kristian.

Didalam Negara Indonesia yang saling menghormati pendapat warga negaranya sesuai dengan Undang-undang Dasar 1945 pasal 28 ayat 1 :

“Hak untuk hidup, hak untuk tidak disiksa, hak kemerdekaan pikiran dan hati nurani, hak beragama, hak untuk tidak diperbudak, hak untuk diakui sebagai pribadi di hadapan hukum, dan hak untuk tidak dituntut atas dasar hukum yang berlaku surut, adalah hak asasi manusia yang tidak dapat dikurangi dalam keadaan apapun”.

Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun  1945 pasal 29 :
“Negara berdasar atas Ketuhanan Yang Maha Esa dan Negara menjamin
kemerdekaan tiap-tiap penduduk untuk memeluk agamanya masing-masing dan untuk beribadat menurut agamanya dan kepercayaannya itu”.

Saya secara sungguh-sungguh, dan secara pribadi maupun secara warga Negara Indonesia yang patuh akan hokum, menghargai dan menghormati pandangan iman saudara-saudara Kristian, dan tidak memaksakan agama saya kepada saudara Kristian, sesuai dengan ayat kitab suci yang saya imani yaitu Al-Qur’annul Kariim surat Al-Baqarah ayatnya yang ke 256 yang berbunyi demikian :

Allah Ta’ala berfirman,

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ ۖ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ ۚ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَىٰ لَا انْفِصَامَ لَهَا ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ

Tidak ada paksaan untuk (memasuki) agama (Islam); sesungguhnya telah jelas jalan yang benar daripada jalan yang sesat. Karena itu barangsiapa yang ingkar kepada Thaghut dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya ia telah berpegang kepada buhul tali yang amat kuat yang tidak akan putus. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Apakah saudara Kristian dan Katolik juga sama seperti saya ?
Silahkan di jawab masing-masing, terimakasih.

Jika berkenan, mari kita lanjutkan tema ini.

Ada beberapa point penting dari pembacaan kitab Yesaya pasal 42, sebagaimana tertulis didalam ayat 1 sampai 19, yang kiranya dapat dijadikan ‘pegangan’ untuk mendapatkan gambaran tentang siapakah ‘etmakh’ ini.

Point-point tersebut adalah :

42:1 Lihat, itu hamba-Ku yang Kupegang, orang pilihan-Ku, yang kepadanya Aku berkenan. Aku telah menaruh Roh-Ku ke atasnya, supaya ia menyatakan hukum kepada bangsa-bangsa.

42:2 Ia tidak akan berteriak atau menyaringkan suara atau memperdengarkan suaranya di jalan.

42:3 Buluh yang patah terkulai tidak akan diputuskannya, dan sumbu yang pudar nyalanya tidak akan dipadamkannya, tetapi dengan setia ia akan menyatakan hukum.42:4 Ia sendiri tidak akan menjadi pudar dan tidak akan patah terkulai, sampai ia menegakkan hukum di bumi; segala pulau mengharapkan pengajarannya.

42:5 Beginilah firman Allah, TUHAN, yang menciptakan langit dan membentangkannya, yang menghamparkan bumi dengan segala yang tumbuh di atasnya, yang memberikan nafas kepada umat manusia yang mendudukinya dan nyawa kepada mereka yang hidup di atasnya:

42:6 “Aku ini, TUHAN, telah memanggil engkau untuk maksud penyelamatan, telah memegang tanganmu; Aku telah membentuk engkau dan memberi engkau menjadi perjanjian bagi umat manusia, menjadi terang untuk bangsa-bangsa,

42:7 untuk membuka mata yang buta, untuk mengeluarkan orang hukuman dari tempat tahanan dan mengeluarkan orang-orang yang duduk dalam gelap dari rumah penjara.42:8 Aku ini TUHAN, itulah nama-Ku; Aku tidak akan memberikan kemuliaan-Ku kepada yang lain atau kemasyhuran-Ku kepada patung.

42:9 Nubuat-nubuat yang dahulu sekarang sudah menjadi kenyataan, hal-hal yang baru hendak Kuberitahukan. Sebelum hal-hal itu muncul, Aku mengabarkannya kepadamu.”

42:10 Nyanyikanlah nyanyian baru bagi TUHAN dan pujilah Dia dari ujung bumi! Baiklah laut bergemuruh serta segala isinya dan pulau-pulau dengan segala penduduknya.

42:11 Baiklah padang gurun menyaringkan suara dengan kota-kotanya dan dengan desa-desa yang didiami Kedar! Baiklah bersorak-sorai penduduk Bukit Batu, baiklah mereka berseru-seru dari puncak gunung-gunung!

42:12 Baiklah mereka memberi penghormatan kepada TUHAN, dan memberitakan pujian yang kepada-Nya di pulau-pulau.

42:13 TUHAN keluar berperang seperti pahlawan, seperti orang perang Ia membangkitkan semangat-Nya untuk bertempur; Ia bertempik sorak, ya, Ia memekik, terhadap musuh-musuh-Nya Ia membuktikan kepahlawanan-Nya.

42:14 Aku membisu dari sejak dahulu kala, Aku berdiam diri, Aku menahan hati-Ku; sekarang Aku mau mengerang seperti perempuan yang melahirkan, Aku mau mengah-mengah dan megap-megap.

42:15 Aku mau membuat tandus gunung-gunung dan bukit-bukit, dan mau membuat layu segala tumbuh-tumbuhannya; Aku mau membuat sungai-sungai menjadi tanah kering dan mau membuat kering telaga-telaga.

42:16 Aku mau memimpin orang-orang buta di jalan yang tidak mereka kenal, dan mau membawa mereka berjalan di jalan-jalan yang tidak mereka kenal. Aku mau membuat kegelapan yang di depan mereka menjadi terang dan tanah yang berkeluk-keluk menjadi tanah yang rata. Itulah hal-hal yang hendak Kulakukan kepada mereka, yang pasti akan Kulaksanakan.

42:17 Orang-orang yang percaya kepada patung pahatan akan berpaling ke belakang dan mendapat malu, yaitu orang-orang yang berkata kepada patung tuangan: “Kamulah allah kami!”

42:18 Dengarkanlah, hai orang-orang tuli pandanglah dan lihatlah, hai orang-orang buta!

42:19 Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN?

Point 1.
Seseorang ini adalah hamba atau עבדי abdi Allah yang didalam bahasa Arab nya adalah Abdullah.

Point 2.
Seseorang ini adalah seseorang yang diberikan ‘roh’ dari Allah untuk menyatakan hukum bagi bangsa-bangsa. Seseorang yang memiliki ‘roh kebenaran’ dari Allah dan menyatakan atau mengajarkan atau mengabarkan ‘hukum Allah’ kepada bangsa-bangsa.

Point 3.
Seseorang ini adalah seseorang yang tidak pernah berteriak-berteriak ‘berpromosi’ di jalan-jalan.

Point 4.
Seseorang ini adalah seseorang yang tidak mematahkan semangat orang lain, tidak menyalah-nyalahkan orang lain, tidak memadamkan semangat orang lain, tidak menghakimi orang lain, melainkan sabar menyatakan ‘hukum Allah’.

Point 5.
Seseorang ini adalah seseorang yang akan mengajarkan ‘hukum Tuhan’ sampai tuntas, dan pengajarannya itu memang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat manusia dan seluruh alam, dari benua sampai pulau-pulau.

Point 6.
Seseorang ini adalah seseorang yang memiliki inti pengajaran Monotheisme, yaitu bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan langit bumi beserta segala isinya, dan segala yang hidup dan bernafas.

Point 7.
Seseorang ini adalah seseorang yang mengajarkan manusia untuk menyembah Tuhan dan tidak ada sama sekali penyembahan terhadap patung.

Point 8.
Kitab Yesaya pasal 42 ayat 11 :

יִשְׂא֤וּ מִדְבָּר֙ וְעָרָ֔יו חֲצֵרִ֖ים תֵּשֵׁ֣ב קֵדָ֑ר יָרֹ֙נּוּ֙ יֹ֣שְׁבֵי סֶ֔לַע מֵרֹ֥אשׁ הָרִ֖ים יִצְוָֽחוּ׃

Hendaklah padang gurun dan kota-kotanya memuji TUHAN, baiklah penduduk Kedar memuji Dia! Hendaklah penduduk kota Sela bersorak-sorai, dan berseru-seru dari puncak gunung!

Dan juga seseorang yang ditulis didalam kitab Yesaya pasal 42 ayat 1 ini adalah seseorang yang memiliki hubungan dengan masyarakat kota Kedar (nama kota yang dibangun oleh keturunan Ishmael yaitu Kedar), sebagaimana tertulis didalam kitab Kejadian pasal 25 ayat 13 : Inilah nama anak-anak Ismael, disebutkan menurut urutan lahirnya: Nebayot, anak sulung Ismael, selanjutnya Kedar, Adbeel, Mibsam,

Kedar (bahasa InggrisCedar/Kedar/Qedar) adalah nama orang, juga nama suku bangsa nomadik kuno, suku Kedar (bahasa InggrisQedarites, juga Kedarites/Cedarenes), dan kerajaan kuno (Kingdom of Qedar) yang tinggal di wilayah Jazirah Arab, dan termasuk ke dalam konfederasi suku-suku Semitik Arab. Pada puncak kejayaannya digambarkan sebagai “suku Arab Utara kuno yang paling terorganisir”, pada abad ke-6 SM menguasai daerah luas antara Teluk Persia dan Semenanjung Sinai.
(sumber : Stearns and Langer, 2001, p. 41).

Dan juga seseorang ini adalah seseorang yang memiliki hubungan dengan masyarakat kota Sela (Sela ( Arab : سلع ) adalah gunung di Madinah di Arab Saudi modern. Gunung selae di “Distrik Tujuh Masjid ” di kota Madinah di Arab Saudi. Sela ‘berarti “diiris”, karena gunung itu tampak seperti diiris beberapa kali.).

Rasulullah Nabi Muhammad salallahu alihi wa salaam dalam Pertempuran Parit berdoa kepada Tuhan untuk kemenangan di Gunung Sela. Gunung Sela disebutkan oleh beberapa hadis tentang kisah-kisah Nabi seperti Doa untuk Hujan, Pengampunan Ka’b b. malik.
(sumber : Sela’ (Medina) citations at Book Mujam Buldan by Yaqut Hamwi, Volume I: pages 5,1,5.145.237.432.663.671 Volume ii:pages ,32.111.)

Point 9.
Dan lagi pula seseorang yang ditulis didalam kitab Yesaya pasal 42 ini adalah seseorang yang memimpin perang dan berperang melawan orang-orang atau bangsa-bangsa penyembah patung.

Point 10.
Seseorang ‘etmakh’ yang ditulis didalam Yesaya 42 ayat 1 ini, adalah orang yang memiliki hubungan dengan kata bahasa Ibrani “meshulam’ atau ‘muslim’.

Mari kita baca Yesaya pasal 42 ayat 19 :
Siapakah yang buta selain dari hamba-Ku, dan yang tuli seperti utusan yang Kusuruh? Siapakah yang buta seperti suruhan-Ku dan yang tuli seperti hamba TUHAN?

מִי עִוֵּר כִּי אִם-עַבְדִּי, וְחֵרֵשׁ כְּמַלְאָכִי אֶשְׁלָח; מִי עִוֵּר כִּמְשֻׁלָּם, וְעִוֵּר כְּעֶבֶד יְהוָה.

Mohon diperhatikan huruf Ibrani yang digaris bawahi, dan terbaca dari arah kanan ke kiri : huruf mem – shin – lamed – mem, atau huruf M – S – L – M.

Tertulis didalam kitab Nehemia pasal 8 ayat 4 :
Ezra, ahli kitab itu, berdiri di atas mimbar kayu yang dibuat untuk peristiwa itu. Di sisinya sebelah kanan berdiri Matica, Sema, Anaya, Uria, Hilkia dan Maaseya, sedang di sebelah kiri berdiri Pedaya, Misael, Malkia, Hasum, Hasbadana, Zakharia dan Mesulam.

KJV.
And Ezra the scribe stood upon a pulpit of wood, which they had made for the purpose; and beside him stood Mattithiah, and Shema, and Anaiah, and Urijah, and Hilkiah, and Maaseiah, on his right hand; and on his left hand, Pedaiah, and Mishael, and Malchiah, and Hashum, and Hashbadana, Zechariah, [and] Meshullam.

Mohon perhatikan, ada tanda kurung lalu [and] baru Meshulam.

וַיַּעֲמֹד עֶזְרָא הַסֹּפֵר, עַל-מִגְדַּל-עֵץ אֲשֶׁר עָשׂוּ לַדָּבָר, וַיַּעֲמֹד אֶצְלוֹ מַתִּתְיָה וְשֶׁמַע וַעֲנָיָה וְאוּרִיָּה וְחִלְקִיָּה וּמַעֲשֵׂיָה, עַל-יְמִינוֹ; וּמִשְּׂמֹאלוֹ, פְּדָיָה וּמִישָׁאֵל וּמַלְכִּיָּה וְחָשֻׁם וְחַשְׁבַּדָּנָה–זְכַרְיָה מְשֻׁלָּם.  {פ}

Sedangkan pada Hebrew Bible tertulis di akhir ayat demikian :
“tzekharyah mesulam”, dan tidak ada kata “ve” atau “and” atau “dan” disana.

Jadi, seharusnya (menurut saya) artinya adalah : “Zakharia Mesulam”.
Menurut kamus, ‘meshulam’ dalam bahasa Ibrani berarti ‘pay’ dalam bahasa Inggris.
Sedangkan menurut Alkitab, kata ‘meshulam’ yang tertulis didalam kitab Nehemia pasal 8 ayat 4 tadi diterjemahkan menjadi ‘[and] Meshulam’.

Sedangkan didalam kitab Yesaya pasal 42 ayat 19, kata ‘meshulam’ tadi, oleh alkitab diterjemahkan sebagai “as [he who is] perfect”.

Jadi dengan demikian, masih lah belum didapat ‘padanan kata’ yang tepat untuk kata bahasa Ibrani “meshulam” yang terdapat didalam kitab Yesaya pasal 42 ayat 19 tadi.

Pada kesimpulan saya, dengan merujuk kepada pemaparan ayat-ayat alkitab diatas tadi, dapatlah kiranya saya menyatukan beberapa hopotesa sebagai dasar bagi kesimpulan saya atas pembacaan perikop atau pasal bacaan didalam alkitab yang terambil dari kitab Yesaya pasal 42 ayat 1, yang untuk kemudian dilanjutkan hingga ayatnya yang ke 25.

Mohon izin, inilah kesimpulan saya :
Seseorang ‘etmakh’ yang tertulis didalam kitab Yesaya pasal 42 ayat 1 ini adalah seorang hamba atau עבדי abdi Allah yang didalam bahasa Arab nya adalah Abdullah yang diberikan ‘roh’ dari Allah untuk menyatakan hukum bagi bangsa-bangsa. Seseorang yang memiliki ‘roh kebenaran’ dari Allah dan menyatakan atau mengajarkan atau mengabarkan ‘hukum Allah’ kepada bangsa-bangsa.

Tidak pernah berteriak-berteriak ‘berpromosi’ di jalan-jalan, tidak mematahkan semangat orang lain, tidak menyalah-nyalahkan orang lain, tidak memadamkan semangat orang lain, tidak menghakimi orang lain, melainkan sabar menyatakan ‘hukum Allah’.

Dan dia akan mengajarkan ‘hukum Tuhan’ sampai tuntas, dan pengajarannya itu memang telah ditunggu-tunggu oleh seluruh umat manusia dan seluruh alam, dari benua sampai pulau-pulau,

Memiliki inti pengajaran Monotheisme, yaitu bahwa Allah adalah satu-satunya Tuhan yang menciptakan langit bumi beserta segala isinya, dan segala yang hidup dan bernafas.

Mengajarkan manusia untuk menyembah Tuhan dan tidak ada sama sekali manusia yang dia ajarkan untuk penyembahan terhadap patung.

Memiliki hubungan dengan masyarakat kota Kedar sebagaimana tertulis didalam kitab Kejadian pasal 25 ayat 13, dan juga seseorang ini adalah seseorang yang memiliki hubungan dengan masyarakat kota Sela – gunung di Madinah di Arab Saudi modern.

Seorang yang memimpin perang dan berperang melawan orang-orang atau bangsa-bangsa penyembah patung.

Orang yang memiliki hubungan dengan kata bahasa Ibrani “meshulam’ atau ‘muslim’.

Seorang yang lahir dari ‘seorang perempuan muda’ dan bukan dari ‘seorang perawan’.
Karena didalam Hebrew Bible tertulis ‘ha almah’ dan bukan ‘ha betulah’.

Hebrew Bible Isaiah 7:14.

לָ֠כֵן יִתֵּ֨ן אֲדֹנָ֥י ה֛וּא לָכֶ֖ם אֹ֑ות הִנֵּ֣ה הָעַלְמָ֗ה הָרָה֙ וְיֹלֶ֣דֶת בֵּ֔ן וְקָרָ֥את שְׁמֹ֖ו עִמָּ֥נוּ אֵֽל׃

‘Virgin’ itu didalam bahasa Ibraninya adalah ‘betulah’ בתולה dan bukan ‘almah’.

Mohon kiranya berkenan memperhatikan apa yang tertulis didalam kitab Lukas pasal 1 ayat 27 : kepada seorang perawan yang bertunangan dengan seorang bernama Yusuf dari keluarga Daud; nama perawan itu Maria.

KJV.
To a virgin espoused to a man whose name was Joseph, of the house of David; and the virgin‘s name was Mary.

Hebrew Bible.

אל בתולה מארשה לאיש אשר שמו יוסף מבית דוד ושם הבתולה מרים׃

Saudara ku para pembaca,
Didalam kitab Matius pasal 1 ayat 22 dan 23 tertulis demikian :

1:22
Hal itu terjadi supaya genaplah yang difirmankan Tuhan oleh nabi:

1:23              
“Sesungguhnya, anak dara itu akan mengandung dan melahirkan seorang anak laki-laki, dan mereka akan menamakan Dia Imanuel” –yang berarti: Allah menyertai kita.

KJV.
Now all this was done, that it might be fulfilled which was spoken of the Lord by the prophet, saying, See, the virgin will become pregnant and give birth to a son, and they will name Him Immanuel, which is translated “God is with us.”

Hebrew Bible.

ותהי כל זאת למלאת את אשר דבר יהוה ביד הנביא לאמר׃
הנה העלמה הרה וילדת בן וקראו שמו עמנואל אשר פרושו האל עמנו׃

Tertulis didalam kitab Lukas pasal 1 ayat 30 dan 31 demikian :

Kata malaikat itu kepadanya: “Jangan takut, hai Maria, sebab engkau beroleh kasih karunia di hadapan Allah.

Sesungguhnya engkau akan mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki dan hendaklah engkau menamai Dia Yesus.

KJV.

And the angel said unto her, Fear not, Mary: for thou hast found favour with God.

“And behold, you will conceive in your womb and bear a son, and you shall name Him Jesus.

Hebrew Bible.

ויאמר לה המלאך אל תיראי מרים כי מצאת חן לפני האלהים׃
והנך הרה וילדת בן וקראת את שמו ישוע׃

Pada akhir ayat 23 tertulis :

“….et shemo yashua”
“….dan namanya yashua”

Dan mari kita baca juga kitab Lukas pasal 2 ayat 21
Dan ketika genap delapan hari dan Ia harus disunatkan, Ia diberi nama Yesus, yaitu nama yang disebut oleh malaikat sebelum Ia dikandung ibu-Nya.

KJV.
And when eight days were accomplished for the circumcising of the child, his name was called JESUS, which was so named of the angel before he was conceived in the womb.

Hebrew Bible.

ויהי במלאת לנער שמנה ימים וימול ויקרא שמו ישוע כשם אשר קרא לו המלאך בטרם הרה בבטן׃

Mohon dengan sangat, agar kiranya kita membaca ayat-ayat diatas dengan kesungguhan hati, dan memperhatikannya.

Sela.
Lalu dengan segala kerendahan hati, kita kembali memperhatikan ayat didalam kitab Yesaya pasal 7 ayat  14 tertulis bahwa : Dinubuatkan Tuhan kepada nabi Yesaya untuk disampaikan kepada keluarga keturunan Daud adalah demikian ; akan terjadi ‘seorang perempuan muda’ yang akan melahirkan seorang anak yang lalu ‘perempuan muda’ tadi menamainya Imanuel.

Anak itu adalah seorang anak yang sungguh-sungguh pasrah dan berserah kepada Allah – Tuhan nya – sampai sampai beliau disebut Imanuel yang artinya “Allah beserta kita”, atau beliau menyebutkan kata “innallah ma ‘ana”.

Pada saat beliau masih kanak-kanak atau belum baligh, makanan beliau adalah ‘susu atau yoghurt’ dan madu.

Dan dengan segala kerendahan hati, Sekali lagi, mohon kita baca lagi kitab Yesaya pasal 7 ayat 13 sampai ayat 17 :

7:13
Lalu berkatalah nabi Yesaya: “Baiklah dengarkan, hai keluarga Daud! Belum cukupkah kamu melelahkan orang, sehingga kamu melelahkan Allahku juga?

7:14   
Sebab itu Tuhan sendirilah yang akan memberikan kepadamu suatu pertanda: Sesungguhnya, seorang perempuan muda mengandung dan akan melahirkan seorang anak laki-laki, dan ia akan menamakan Dia Imanuel.

7:15   
Ia akan makan dadih dan madu sampai ia tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik,

7:16   
sebab sebelum anak itu tahu menolak yang jahat dan memilih yang baik, maka negeri yang kedua rajanya engkau takuti akan ditinggalkan kosong.

7:17   
TUHAN akan mendatangkan atasmu dan atas rakyatmu dan atas kaum keluargamu hari-hari seperti yang belum pernah datang sejak Efraim menjauhkan diri dari Yehuda–yakni raja Asyur.”

Pada ayat-ayat diatas sangatlah jelas bahwa kelahiran ‘anak Imanuel’ (‘anak’ ini adalah seorang anak laki-laki, karena didalam bahasa Ibrani nya – kitab Yesaya pasal 7 ayat 14 menyebutnya dengan menggunakan kata ‘ben’ yang artinya adalah ‘son’ dan kata  ‘shemo’ yang artinya “his name’)  ini bukanlah dari keluarga daud atau keturunan nya, melainkan adalah sebagai ‘tanda’ atau ‘peringatan’ kepada atau bagi atau untuk keluarga dan keturunan Daud, dan ‘anak Imanuel’ ini akan hidup dimasa kosongnya pemerintahan kerajaan Siria dan Persia.

Sekali lagi,
‘Anak Imanuel’ adalah ‘tanda’ bagi keluarga dan keturunan Daud, dan tidaklah tertulis bahwa ‘anak Imanuel’ ini berasal dari keluarga Daud.

‘Anak Imanuel’ ini lahir dari ‘seorang perempuan muda, dan bukan dari ‘seorang perawan’.
‘perawan’ sudah pasti adalah ‘seorang perempuan muda’, tetapi ‘seorang perempuan muda’ belum tentu adalah ‘seorang perawan’.

Berbeda dengan Yesus.
Yesus itu, sebagaimana yang disampaikan oleh malaikat Gabriel, beliau dilahirkan dari ‘seorang perawan’.

‘Imanuel’ dilahirkan oleh ‘seorang perempuan muda’, dan Yesus dilahirkan oleh ‘seorang perawan’.

Ini pemahaman saya.


Jika saudara Kristian tidak setuju, saya sangat menghormati ke-tidak setujuan itu.
Silahkan saja, saya sangat menghargainya.

Lanjut,
Dan yang pada ujungnya adalah : Beliau ‘anak laki-laki Imanuel’ ini akan tumbuh menjadi seorang laki-laki ‘etmakh’, yang mana ‘anak Imanuel’ ini juga adalah seseorang yang dinubuatkan oleh Tuhan kepada nabi Yesaya sebagai “abdi Tuhan’ yang akan datang, atau seseorang yang belum ada pada masa nabi Yesaya, atau seseorang yang akan ada dimasa setelah masa Yesaya, atau masa yang akan datang.

Kitab Kidung Agung pasal 5 ayat 10 sampai 16 :

5:10
Putih bersih dan merah cerah kekasihku, menyolok mata di antara selaksa orang.

5:11   
Bagaikan emas, emas murni, kepalanya, rambutnya mengombak, hitam seperti gagak.

5:12   
Matanya bagaikan merpati pada batang air, bermandi dalam susu, duduk pada kolam yang penuh.

5:13   
Pipinya bagaikan bedeng rempah-rempah, petak-petak rempah-rempah akar. Bunga-bunga bakung bibirnya, bertetesan cairan mur.

5:14   
Tangannya bundaran emas, berhiaskan permata Tarsis, tubuhnya ukiran dari gading, bertabur batu nilam.

5:15   
Kakinya adalah tiang-tiang marmar putih, bertumpu pada alas emas murni. Perawakannya seperti gunung Libanon, terpilih seperti pohon-pohon aras.

5:16   
Kata-katanya manis semata-mata, segala sesuatu padanya menarik. Demikianlah kekasihku, demikianlah temanku, hai puteri-puteri Yerusalem

KJV.
10 My beloved is white and ruddy, the chiefest among ten thousand.

11 His head is as the most fine gold, his locks are bushy, and black as a raven.

12 His eyes are as the eyes of doves by the rivers of waters, washed with milk, and fitly set.

13 His cheeks are as a bed of spices, as sweet flowers: his lips like lilies, dropping sweet smelling myrrh.

14 His hands are as gold rings set with the beryl: his belly is as bright ivory overlaid with sapphires.

15 His legs are as pillars of marble, set upon sockets of fine gold: his countenance is as Lebanon, excellent as the cedars.

16 His mouth is most sweet: yea, he is altogether lovely. This is my beloved, and this is my friend, O daughters of Jerusalem.

Hebrew Bible :

דּוֹדִי צַח וְאָדוֹם, דָּגוּל מֵרְבָבָה.
רֹאשׁוֹ, כֶּתֶם פָּז; קְוֻצּוֹתָיו, תַּלְתַּלִּים, שְׁחֹרוֹת, כָּעוֹרֵב
עֵינָיו, כְּיוֹנִים עַל-אֲפִיקֵי מָיִם; רֹחֲצוֹת, בֶּחָלָב–יֹשְׁבוֹת, עַל-מִלֵּאת.
לְחָיָו כַּעֲרוּגַת הַבֹּשֶׂם, מִגְדְּלוֹת מֶרְקָחִים; שִׂפְתוֹתָיו, שׁוֹשַׁנִּים–נֹטְפוֹת, מוֹר עֹבֵר.
יָדָיו גְּלִילֵי זָהָב, מְמֻלָּאִים בַּתַּרְשִׁישׁ; מֵעָיו עֶשֶׁת שֵׁן, מְעֻלֶּפֶת סַפִּירִים.
שׁוֹקָיו עַמּוּדֵי שֵׁשׁ, מְיֻסָּדִים עַל-אַדְנֵי-פָז; מַרְאֵהוּ, כַּלְּבָנוֹן–בָּחוּר, כָּאֲרָזִים. חִכֹּו֙ מַֽמְתַקִּ֔ים וְכֻלֹּ֖ו מַחֲמַדִּ֑ים זֶ֤ה דֹודִי֙ וְזֶ֣ה רֵעִ֔י בְּנֹ֖ות יְרוּשָׁלִָֽם׃

 hikho mamtakhiim vekhulo muhammadiim tzeh dwodi vetzeh reii benot yerushelei
Gambar tersebut menunjukkan, bahwa kata tersebut di google translate artinya adalah Muhamamad.

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ
مَا كَانَ مُحَمَّدٌ أَبَا أَحَدٍ مِنْ رِجَالِكُمْ وَلَٰكِنْ رَسُولَ اللَّهِ وَخَاتَمَ النَّبِيِّينَ ۗ وَكَانَ اللَّهُ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيمًا

Muhammad itu sekali-kali bukanlah bapak dari seorang laki-laki di antara kamu, tetapi dia adalah Rasulullah dan penutup nabi-nabi. Dan adalah Allah Maha Mengetahui segala sesuatu.
(Al-Qur’an Surat Al-Ahzab ayat 40).

قُلْ يَا أَيُّهَا النَّاسُ إِنِّي رَسُولُ اللَّهِ إِلَيْكُمْ جَمِيعًا الَّذِي لَهُ مُلْكُ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۖ لَا إِلَٰهَ إِلَّا هُوَ يُحْيِي وَيُمِيتُ ۖ فَآمِنُوا بِاللَّهِ وَرَسُولِهِ النَّبِيِّ الْأُمِّيِّ الَّذِي يُؤْمِنُ بِاللَّهِ وَكَلِمَاتِهِ وَاتَّبِعُوهُ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُونَ

Katakanlah: “Hai manusia sesungguhnya aku adalah utusan Allah kepadamu semua, yaitu Allah Yang mempunyai kerajaan langit dan bumi; tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) selain Dia, Yang menghidupkan dan mematikan, maka berimanlah kamu kepada Allah dan Rasul-Nya, Nabi yang ummi yang beriman kepada Allah dan kepada kalimat-kalimat-Nya (kitab-kitab-Nya) dan ikutilah dia, supaya kamu mendapat petunjuk”.
(Al-Qur’an Surat Al-A’raf ayat 158).

وَمَا أَرْسَلْنَاكَ إِلَّا رَحْمَةً لِلْعَالَمِينَ

Dan tiadalah Kami mengutus kamu, melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi semesta alam.
(Al-Qur’an Surat Al-Anbiya ayat 170).

Saudaraku pembaca,
Demikianlah pemaparan yang sangat sederhana dari saya.
Apabila saudara ku adalah seseorang yang ber-iman kepada Al-Qur’an dan hadits yang shohih atau dengan kata lain ber-iman Islam – hanya menyembah kepada Tuhan yang satu yaitu Allah subhana wa ta’ala serta patuh dan cinta kepada rasulullah Muhammad salallahu alaihi wasalaam, maka in sya Allah, kiranya tulisan saya ini dapat diterima, dan berkenan.
Wallahu A’lam Bishawab

Sedangkan teruntuk saudara-saudara ku yang aku kasihi dan aku hormati umat Kristen dan Katolik, jika tulisan ini tidak berkenan bagi saudara ku, sebaiknya tidak usahlah kiranya dibaca, karena tujuan tulisan ini adalah hanya untuk menerangkan dan menceritakan pengalaman ‘riset ayat alkitab’ dari seorang muallaf yang diceritakan kepada para saudaranya sesama muslimiin dan muslimat. Tulisan ini bukanlah untuk dijadikan bahan perdebatan, melainkan hanyalah sebagai cerita pengalaman seorang muallaf, yang in sya Allah dapat dijadikan dasar untuk semakin timbulnya rasa toleransi –rasa menghargai – rasa menyayangi – diantara umat Islam kepada saudara nya umat Kristen dan Katolik. Itu saja. Tidak lebih dan tidak kurang.

Sungguhlah tidak ada maksud dari saya menuliskan paparan diatas sebagai bahan untuk menghina – menyerang – menjelek jelekkan – mendiskreditkan – merendahkan iman kepercayaan agama saudara-saudara umat Kristen dan Katolik. Sama sekali tidak. Sungguh.

Karena itu,
Dapatlah kiranya bagi para pembaca yang ber-agama Kristen atau Katolik, untuk menerima tulisan ini hanya sebagai “sebuah cerita pengalaman seorang muallaf kepada saudara-saudara nya umat Islam”, agar tulisan ini tidaklah menjadi bahan perdebatan.

Jika saudara ku Kristian dan Katolik tidak setuju dengan isi tulisan ini, saya dengan segala kerendahan hati menerima nya. Tetapi mohon ma’af, saya tidak akan pernah mendebatnya.

Pada akhirnya, Saya mengucapkan banyak terima kasih,

Salam Damai – Indonesia Damai – Indonesia diberkahi Allah.

Amiin yaa Allah ya rahman ya rahiim ya malikul quddus ya salaam.

وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Kainama.


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


Silahkan dibaca artikel menarik kami lainnya berjudul:

300 ORANG SUKU TAU TAA WANA BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM

Hubungi kami:
MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
HOTLINE-1: +62 8233-121-6100 (WhatsApp, Call, SMS)
HOTLINE-2: +62 8233-735-6361 (WhatsApp, Call, SMS)
HOTLINE-3: +62 8571-048-3731 (WhatsApp, Call, SMS)

Chat WA:
wa.me/6282331216100
wa.me/6282337356361

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com
Webwww.ayasofya.id
Facebook: mualaf center aya sofya
Instagram: aya sofya indonesia

ADDRESS:
– Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.
– Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok, Jawa Barat.


ANDA INGIN MEMBANTU KAMI DALAM PROGAM MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI:
MUALAF CENTER AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
An. Yayasan Thoriqussalam Indonesia QQ Aya Sofya Indonesia
———-
– Kode BANK MANDIRI: 008
– Kode SWIFT BANK MANDIRI (Jika Transfer Dari Luar Negeri): BMRIIDJA


Inilah Channel Unggulan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia:

Mualaf Center Aya Sofya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.