BERBONDONG-BONDONG MASUK ISLAM EDISI KE-2: LEBIH DARI 40 KK KELUARGA SUKU WANA DI LEMBAH LAMBENTANA AKAN MASUK ISLAM

Terjadi lagi. Insya Allah pada tanggal 7-8 November 2020, Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia bersama Ust. Ahmad Kainama (Mantan Pendeta, Pakar Kristologi Nasional) dan gabungan ormas lainnya akan mensyahadatkan lebih dari 40 KK atau ratusan Suku Wana (Tau Taa Wana) di pedalaman Lambentana, pegunungan Tokala, Kab. Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Suku Wana adalah sebuah suku yang tinggal di pegunungan dengan sejarah yang sangat tua di dunia. Disegani dengan senjata sumpitnya yang beracun melebihi racun cobra. Kerap disebut sebagai Tau Taa Wana, yang bermakna “orang yang tinggal di hutan”. Namun, mereka juga kerap menyebut diri sebagai Tau Taa atau orang Taa. Suku Wana dipercaya telah ada di Sulawesi sejak 8.000 tahun yang lalu. Sebelum akhirnya mendiami kawasan Pegunungan Tokala, Lipu Sumbol, Desa Taronggo, Kecamatan Bungku Utara, Kabupaten Morowali Utara, Sulawesi Tengah.

Mereka berbicara dalam bahasa Taa dan beragama animisme, penyembah pohon dan batu. Mayoritas dari mereka tidak dapat berbahasa Indonesia. Kerap hidup di semak-semak dan pepohonan. Hingga kini suku Wana banyak yang bertahan hidup dengan cara nomaden. Banyak yang masih belum berpakaian dan mereka hidup sebagaimana Indonesia masih jauh dari zaman kemerdekaan.

Alhamdulillah, atas berkah Allah, acara akan lebih mudah diikuti oleh masyarakat lainnya dengan dukungan KEPALA SUKU Wana yang telah lebih dulu masuk Islam pada program pensyahadatan massal sebelumnya. Dan insya Allah inilah momen pensyahadatan terbesar setalah pensyahadatan massal bersama Alm. Ustadz Insan LS Mokoginta pada tanggal 14 Februari 2020 lalu.

Saat ini kami berencana membawa hadiah berupa pakaian-pakaian baru yang pantas untuk mereka kenakan, beserta mukenah dan baju koko. Namun, ada kebutuhan penting yang selayaknya dihadirkan bagi mereka. Yakni, hadiah berupa uang, mengingat kondisi mereka membutuhkan perhatian dan kepedulian dari kita semuanya.

Selain kegiatan pensyahadatan, kami juga akan menyelenggarakan kegiatan “Khitanan Massal” yang akan diikuti oleh kurang lebih 50 peserta anak-anak dari kalangan muallaf. APAKAH KALANGAN ORANG TUA DARI MUALLAF IKUT BERKHITAN? Pada dasarnya, mereka sudah mengenal tradisi khitan sejak lampau. Namun, itu adalah khitan tradisional dan prosesinya lebih cenderung sadis.

Disamping itu kami menyelenggarakan acara tambahan, yakni: pembagian sembako yang ditujukan untuk lebih dari 150 KK Keluarga Muallaf. Meliputi: pembagian garam yodium, minyak goreng, ikan garam atau teri kering, gula, teh, dan kopi. Selama ini Orang-orang Suku Tau Taa Wana hanya mengkonsumsi umbi-umbian yang tidak bergizi untuk menjaga agar perutnya tetap kenyang. Meskipun jarang mengalami penyakit serius tapi berdampak pada beberapa penyakit, seperti: anemia, penyakit kuning, kurang gizi, dan penyakit lainnya. Oleh karena itu, Vitamin dan gizi yang cukup adalah kebutuhan yang sangat beharga saat berada di gunung Tokala. Dengan segala agenda di atas, maka estimasi pendanaan yang dibutuhkan tidaklah sedikit yakni sekitar 62 Juta rupiah.

Sejatinya bukan sekedar hanya pensyahadatan karena itu adalah hal mudah, akan tetapi yang lebih penting dari itu semua adalah pembinaan jangka Panjang, pemberdayaan masyarakat, dan membangun peradaban di pedalaman. Sehingga, kami memohon doa restu dan sokongannya untuk turut mensukseskan pembangunan Islamic Center di Morowali Utara yang meliputi: pembangunan Masjid, gedung pembinaan untuk muallaf, dan gedung sekolahan.

Seorang Ulama Menyampaikan Kepada Kami:
“Berbuat Baik Jangan Diborong Semua Sendirian. Tapi Ajak yang Lainnya.”

Maka dari itu, sejatinya kami tak sanggup memikul beban dakwah ini sendirian. Kami butuh support dari Anda semuanya.


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

SURABAYA: Pesantren JEHA Dolly. Jl. Putat Jaya No. 4B, Putat Jaya, Kota Surabaya.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.