KISAH MUALAF

Kisah Mualaf berikut ini diambil berdasarkan kisah nyata perjuangan seorang mualaf dalam mendapatkan hidayah dari Allah dan perjuangannya memeluk agama Islam yang didokumentasikan secara resmi oleh Mualaf Center Nasional Aya Sofya.


Posted on January 21, 2021

KISAH MUALAFAH PRODUSER FILM DARI PRANCIS AKHIRNYA MASUK ISLAM MELALUI PENCARIAN AL-QURAN

Seorang wanita cantik asal Prancis ini berprofesi sebagai producer film telah memutuskan untuk memeluk agama Islam melalui Mualaf Center Nasional Aya Sofya yang dibina secara langsung oleh Ust. Ipung Atria. Beliau memiliki banyak kisah panjang dalam perjalanannya sampai ke Indonesia hingga akhirnya memeluk agama Islam. Saat ini beliau tinggal di Bali dan telah mempelajari sedikit banyak tentang agama Islam. Seorang wanita Prancis itu bernama Marie David dan kami sapa dengan Marie.

Singkat ceritanya pada akhir Desember ia telah menyelesaikan pekerjaannya dan seharusnya pergi ke Amerika Selatan. Tapi kemudian temannya mengirim pesan dan mengajaknya untuk pergi ke Bali. Pada akhirnya ia tertarik dan membeli tiket di minggu berikutnya menuju Bali. Setibanya di Bali mendapat panggilan dari seseorang untuk menggarap sebuah project dan melakukan casting mencari beberapa bakat. Baca selengkapnya !


Posted on January 19, 2021

KISAH MUALAF SURABAYA MASUK ISLAM GARA-GARA BERTANYA: APA MUNGKIN TUHAN DILAHIRKAN?

Atas izin Allah telah membukakan pintu hidayah sehingga membuatnya kembali pada jalan yang benar yakni agama Islam. Seorang pria Surabaya ini kami sapa dengan sebutan mas Renadi. Alhamdulillah, kami bersyukur telah bertambah satu lagi saudara seiman kami di Indonesia yang telah memeluk agama Islam di Mualaf Center Nasional Aya Sofya.

Proses pensyahadatan dilakukan di Kantor MCN Aya Sofya Surabaya (Pesantren Perjuangan JEHA DOLLY) dan dipandu secara langsung oleh Ust. Lukman Hakim. Seperti biasanya pensyahadatan dimulai dengan membaca kalimat Basmalah, dan dilanjutkan mengucapkan dua kalimat syahadat beserta artinya.

Sebelum memulai pensyahadatan akan selalu diajukan beberapa pertanyaan, sebagaimana agama Islam mengajarkan untuk tidak boleh ada paksaan, tekanan, dan ancaman kepada seseorang agar ia masuk Islam. Artinya seseorang masuk Islam berdasarkan dengan kesadarannya. Sehingga ketika masuk Islam akan menjalankan ajaran Islam dengan penuh kerelaan hati dan tidak ada bersifat terpaksa. Baca selengkapnya !


Posted on January 18, 2021

KISAH MUALAF PENDETA KRISTEN SEMAKIN MENDALAMI AJARAN KRISTEN JUSTRU SEMAKIN MANTAP MASUK ISLAM

Ketika Mualaf Center Nasional Aya Sofya melakukan safari dakwah, kami mengunjungi salah satu desa di Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Bertemu dengan Ust. Jodik Liwoso merupakan seorang mualaf yang dulunya seorang mantan pendeta dan guru agama Kristen. Berbincang-bincang bersama beliau agar bisa memberikan motivasi kepada para muslimin dan muslimah.

Kami berbincang-bincang di Masjid Pangeran Diponegoro, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Setelah masuk Islam nama beliau dikenal sebagai Muhammad Sya’ban dan berprofesi sebagai Da’i Kristologi untuk berdakwah kepada para mualaf dan mualafah di Minahasa Utara. Baca selengkapnya !


Posted on January 12, 2021

SEPERTI KISAH ORANG BERIMAN DI ZAMAN PARA NABI, INILAH KISAH MUALAF YANG HAMPIR DIBUNUH DAN RUMAHNYA DIBAKAR KARENA MASUK ISLAM

Bukan rahasia lagi jika setiap keimanan pasti ada tantangan dan sebagai jalan termudah adalah menghadapinya dengan penuh kesabaran seperti halnya sabar dalam menuntut ilmu, menyebarkan ilmu, dan ketika mendapatkan ujian dari Allah. Kisah beliau hampir mirip dengan kisah orang beriman di zaman Nabi dan Rasul, sebagaimana kisah Ashabul Ukhdud, kisah Masyitah (tukang sisir Fir’aun), dan kisah Nabi Ibrahim. Mereka  dizalimi oleh pemimpin kafir dan para pengikutnya dengan siksaan, ancaman, dan berbagai azab dunia tapi keimanannya tetap teguh. Bagi mereka ketika iman dan aqidah sudah menghunjam di hati maka dunia itu tidak ada artinya.

Keyakinan seperti ini memang susah di zaman sekarang kecuali pada orang yang benar-benar beriman secara lahir dan batin karena masih banyak orang yang mengaku beriman tapi perilakunya menggadaikan keimanannya untuk kenikmatan dunia. Pada kali ini kami akan berbagi kisah inspiratif dari bapak Fretsman Gant Sikome dalam memperjuangkan keimanannya kepada Allah. Semoga dapat menjadi pelajaran bagi kita bahwa aqidah dan keimanan adalah yang utama. Baca selengkapnya !


Posted on January 11, 2021

KISAH MUALAF CHINESE YANG SEBELUMNYA MEMILIKI BANYAK AGAMA TAPI AKHIRNYA MENEMUKAN KEBENARAN TUHAN DALAM AGAMA ISLAM

Saat mengunjungi kantor MCN Aya Sofya Sidoarjo, kami berjumpa dengan seorang mualaf yang telah masuk Islam sejak 2016 bernama David Iwanto. Kami pun menyempatkan untuk berdialog kepada mas David di Masjid Aya Sofya Sidoarjo. Sebelumnya dia mengikuti banyak agama di antaranya agama Konghucu, Budha, dan Kristen. Hal itu dikarenakan keluarga besarnya menganut kepercayaan Konghucu dan Kristen.

Singkat cerita, pada tahun 2016 sedang viral-nya syiar dan dakwah dr. Zakir Naik di berbagai media sosial tentang perbandingan antar agama. Banyak perkataan beliau yang dikutip dan dijadikan kutipan dakwah kepada umat non Islam di beberapa akun sosial media. Dari beberapa kutipan itu ternyata ada satu yang mungkin menjadi jalan atas hidayah Allah kepada mas David. Baca Selengkapnya !


Posted on January 4, 2021

KISAH MUALAF CHINESE MANADO: BANYAK TEMAN BERAGAMA ISLAM JADI SAYA INGIN MASUK ISLAM

Alhamdulillah, kami bersyukur telah bertambah satu lagi saudari di Indonesia yang telah memluk agama Islam melalui Mualaf Center Nasional Aya Sofya. Dengan izin Allah telah membukakan pintu hidayah kepada saudari ini, sehingga membuatnya kembali pada jalan yang benar yakni agama Islam. Seorang gadis Chinese cantik asal Manado ini kami sapa dengan sebutan mbak Anastasya.

Proses pensyahadatan dilakukan di Kantor MCN Aya Sofya Sulut yang didampingi oleh Ibu Henny Moningka (Pengurus MCN Aya Sofya Sulut) dan dipandu secara langsung oleh Ust. H. Abdurrahman Mahrus. Pensyahadatan dimulai dengan membaca kalimat Basmalah, dan mulai mengucapkan dua kalimat syahadat beserta artinya. Sebelum memulai pensyahadatan akan selalu diajukan beberapa pertanyaan, Baca selengkapnya !


Posted on December 31, 2020

INGIN MENGAJAK KELUARGA MASUK ISLAM, INILAH KISAH PERJUANGAN MUALAF DALAM MEMPELAJARI AGAMA

Berbeda mualaf maka berbeda cerita dan kisah, dari kasus yang kami tangani ada kisah mualaf yang harus bercerai dengan suaminya yang non-Islam, mualaf yang diusir dari rumah, disiksa hingga hingga harus kabur dari rumahnya, ditinggalkan orang-orang terdekat, dan masih banyak kisah haru mualaf yang kami temukan.

Pada kisah kali ini adalah seorang mahasiswa binaan kami yang baru-baru ini memberanikan diri untuk masuk Islam namun secara sembunyi-sembunyi karena keluarganya beragama Kristen. Kecintaannya kepada Islam telah tumbuh seiring berjalannya waktu, setelah masuk Islam membuatnya lebih bersemangat mendalami ke-Islaman dan berkeinginan keras untuk mempelajar kristologi agar bisa mengajak keluarganya masuk Islam karena baginya saat ini dan selamanya agama Islam adalah satu-satunya agama yang benar dan tidak ada keraguan di dalamnya.

Begitu keras keinginan untuk mempelajari kristologi hingga membuatnya menghubungi salah satu pembina kami yang ada di Mualaf Center Nasional Aya Sofya Kota Malang dan meminta untuk dibimbing mempelajari ilmu kristologi. Baca selengkapnya !


Posted on December 21, 2020

KISAH MUALAFAH AKHIRNYA MASUK ISLAM SETELAH
7 TAHUN MENUNGGU KEMANTAPAN HATI

Lahir dari orang tua yang berbeda agama, sang ibu beragama Islam sedangkan ayahnya beragama Kristen. Sebelumnya ia dan kakak-kakaknya mengikuti agama sang ayah yang beragama Kristen. Hingga akhirnya kedua kakaknya memutuskan untuk masuk Islam terlebih dahulu, sedangkan ia masih dilema kemantapan hati. Mualaf Center Aya Sofya membimbing saudari kita ini yang bernama Iin Anita atau yang biasa disapa sebagai mbak Iin untuk melakukan prosesi pensyahadatan.

Meskipun hatinya telah terketuk ingin masuk Islam tapi hal itu tidak langsung membuatnya mantap berpindah agama ke Islam. Selama 7 tahun ia banyak belajar tentang Islam sedikit demi sedikit sembari menumbuhkan kemantapan dalam dirinya. Dimasa itu pula ia mulai ikut berpuasa, membiasakan diri mengucapkan salam di mana pun berada hingga rekan kerjanya sering menganggap bahwa ia telah menjadi Mualaf. Baca selengkapnya !


Posted on December 14, 2020

KISAH MUALLAFAH CANTIK YANG MENDAPATKAN KETENANGAN DALAM AGAMA ISLAM OLEH MUALAF CENTER SULAWESI UTARA

Alhamdulillah bertambah lagi jumlah muslimah di Indonesia ini, satu demi satu Allah telah memberikan hidayah kepada setiap makhluk yang dikehendaki-Nya untuk dilembutkan hatinya dan menerima agama Islam sebagai agama yang benar di muka bumi ini. Mualaf Center Aya Sofya Sulawesi Utara telah membina dan mendampingi gadis cantik bernama Mega Silvia Mamesah atau biasa disapa Mega yang tulus dari lubuk hatinya ingin masuk dalam pangkuan agama Islam.

Meski keinginannya untuk masuk agama Islam awalnya ditolak oleh keluarga tapi tak henti-hentinya ia memberikan pengertian kepada orang tuanya untuk memilih keyakinan berbeda yakni memeluk agama Islam. Tak mudah bagi dirinya membuat pilihan berat tapi agama Islam selalu menghadirkan ketenangan secara lahir, batin, dan menumbuhkan perasaan aman dalam dirinya. Baca selengkapnya !


Posted on November 25, 2020

KISAH MUALAF BULE ASAL AUSTRALIA YANG AKHIRNYA MASUK ISLAM DI INDONESIA

Seorang bule berasal dari Australia telah tinggal di Indonesia kurang lebih selama 5 tahun. Sebelumnya ia telah lebih dulu mempelajari banyak agama dan mendapati agama Islam sebagai agama yang benar. Sejak saat itu ia mulai tertarik untuk belajar agama Islam dibandingkan dengan agama yang lain. Tumbuh keinginan untuk masuk Islam setelah menikahi seorang warga Indonesia yang beragama Islam. Banyak sekali pembelajaran yang ia peroleh selama tinggal di Indonesia, bahwa muslim lebih baik dari anggapan orang diluar sana. Agama Islam mengajarkan berbagi, tidak egois dan mementingkan diri sendiri seperti kebanyakan orang Australia.

Seorang bule itu adalah Mr. Ian Paul Clark biasa dipanggil pak Ian yang akhirnya masuk Islam melalui Mualaf Center Nasional Aya Sofya dengan didampingi oleh Istrinya yakni bu Siska. Sebelum menikahi bu Siska, beliau sudah lebih dulu mengenal dan mempelajari Islam sedikit demi sedikit. Menurutnya Islam adalah agama yang benar, sangat jujur, dan ramah, serta banyak hal yang telah ia pelajari saat berada di Indonesia tentang berbagi kepada sesama dan itulah hal yang membuat beliau sangat tertarik kepada Islam. Baca selengkapnya !


Posted on November 19, 2020

KELANJUTAN KISAH SEORANG MUALAFAH DALAM DESA YANG SELURUH PENDUDUKNYA KRISTEN DAN DIHADAPKAN DENGAN PILIHAN BERAT DALAM HIDUP

Dalam satu desa, tepatnya di Desa Mogoyunggung, Kecamatan Dumoga Timur, Kabupaten Bolaang Mongondow, Provinsi Sulawesi Utara yang 100% penduduknya beragama Kristen dan hanya ada seorang wanita yang beragama Islam. Ia adalah mantan seorang misionaris Kristen yang berasal dari keluarga pendeta, sehingga awalnya sangat membenci Islam dan kurang senang dengan Islam karena sejak dulu ia bersekolah di Imandi. Banyak pula masyarakat Bolaang Mongondow yang bersekolah di Imandi suka melempar-lempari orang Islam karena memang sejak kecil sudah tertanam untuk membenci Islam. Tapi seiring berjalannya waktu Allah memberinya hidayah untuk memeluk agama Islam.

Wanita itu bernama Sandra Ngongoloy disapa sebagai bu Sandra. Mempunyai dua putra dan saat ini masih tinggal bersama suaminya di rumah peninggalan orang tua bu Sandra. Ia telah masuk Islam di Malang sejak tanggal 15 Desember 2017 lalu tanpa sepengetahuan suaminya. Baca selengkapnya !


Posted on November 16, 2020

MASUK ISLAM KARENA HATI INILAH KISAH MUALAF ASAL KLATEN BERSYAHADAT DIDEPAN PARA ULAMA BERSAMA MUALAF CENTER KLATEN

Gadis asal Katen ini bernama Indah Pertiwi, melakukan prosesi pensyahadatan yang disaksikan oleh para ulama dan dibimbing langsung oleh Ust. Abdul Shomad. Sejak lahir ia beragama Islam dan berasal dari keluarga yang Islam hanya saja pemahaman Islam keluarganya masih rendah karena terpengaruh dari budaya kejawen atau bisa disebut Islam Kejawen. Dirasa tidak ada yang membimbingnya dalam beragama Islam secara benar maka saat kelas 5 SD ia memutuskan pindah agama menjadi Kristen bersama kakaknya, karena pada saat itu ia bersekolah di sekolah Kristen dan bergaul dengan orang-orang Kristen.

Saat ditanya mengenai alasannya masuk Islam, ia mengatakan bahwa hatinya merasa tenang dan adem saat mendengar orang mengaji, ia juga berkeinginan untuk mengajari ibunya cara beragama yang benar karena tujuan hidupnya adalah ingin masuk surga bersama ibunya, setelah belajar sedikit tentang agama Islam hanya orang yang mati dalam keadaan Islam yang bisa masuk surga. Baca selengkapnya !


Posted on November 16, 2020

KISAH MUALAF BERJANJI HINGGA MATI TETAP PADA AGAMA ISLAM OLEH MUALAF CENTER BOGOR

Alhamdulillah telah bertambah satu lagi saudara kita umat muslim di Indonesia. Dengan izin Allah yang telah membukakan pintu hidayah kepada salah satu saudara kita ini, sehingga membuatnya kembali pada jalan yang benar yakni agama Islam. Beliau adalah bapak Paulus Happy Adi Nugroho yang berasal dari kota Bogor. Ketika ditanya mengenai alasan memeluk agama Islam, beliau menjawab bahwa yang membuatnya jatuh hati kepada Islam adalah melihat akhlak seorang muslim yakni temannya sendiri yang baik dan terpuji, hal itulah yang membuat beliau mantap memeluk agama Islam.

Sebenarnya baik buruknya seorang muslim tergantung bagaimana mereka memahami Al-Qur’an karena di dalamnya mengajarkan kaidah-kaidah kehidupan yang langsung disampaikan oleh Allah melalui kitab-Nya. Al-Qur’an mengantarkan kita pada jalan yang paling benar, oleh karena itu seseorang yang berpegang teguh pada Al-Qur’an akan menjadi yang terbaik dalam segala hal. Jika mempelajari akhlak dalam Al-Qur’an maka akan menjadi orang yang terbaik dalam akhlaknya. Baca selengkapnya !


Posted on October 13, 2020

TIDAK DIRESTUI ORANG TUANYA, INILAH KISAH NEKAT SEORANG GADIS BERKEBUTUHAN KHUSUS YANG MENJADI MUALAF MELALUI MUALAF CENTER SIDOARJO

Mualaf Center Nasional Aya Sofya Sidoarjo telah menuju ke Magetan untuk menyelesaikan kasus seorang akhwat dengan keterbatasan khusus yang nekat meninggalkan rumahnya karena memiliki pandangan berbeda tentang agama dengan keluarganya. Bersama dengan Ust. Fitroh Nazar Nurdin, selaku pembina Mualaf Center Nasional Aya Sofya Sidoarjo, Tim kami berangkat ke Magetan menuju kediaman Ust. Ratno (Pembina Keagamaan orang berkebutuhan khusus) untuk melakukan investigasi guna mencari tauh permasalahan yang sebenarnya.

Setelah sebelumnya mendapatkan informasi terkait hal tersebut dari seorang Da’i disana yang menyatakan bahwa telah ada seorang gadis tertarik kepada agama Islam dan ingin masuk Islam, namun ia mendapat perlakuan yang tidak menyenangkan dari keluarganya. Baca selengkapnya !


Posted on October 7, 2020

BERBAGI KISAH MUALAF SUKU DA’A DI PEGUNUNGAN DONGGALA SULAWESI TENGAH BERSAMA MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA

Sulawesi Tengah tepatnya di pegunungan Gawalise Donggala terdapat suku yang bermukim di pedalaman hutan dan pegunungan, suku tersebut bernama suku Da’a. Mereka pada awalnya menganut kepercayaan Animisme sebagai ajaran nenek moyangnya kemudian memeluk agama Islam. Namun, karena minimnya kepedulian kita terhadap saudara se-Iman di pelosok negeri didukung dengan datangnya para misionaris Kristen dapat mengubah keyakinan mereka secara drastis hingga 100% masyarakat suku Da’a menjadi murtad dan akhirnya beragama Kristen. Hingga saat ini telah banyak terbangun gereja dan tempat pendidikan (Kristen) disana.

Sesungguhnya hal tersebut adalah tamparan keras bagi kita semua ummat muslim di seluruh Indonesia karena kurangnya kepedulian terhadap saudara kita di pelosok negeri. Alhamdulillah ada beberapa tokoh masyarakat setempat yang masih peduli terhadap dakwah Islam (suku Da’a) yang sebelumnya memiliki kendala mengenai strategi dakwah kepada non-muslim sehingga akhirnya mereka meminta bantuan kepada kami, Baca selengkapnya !


Posted on 

KISAH ANAK PENDETA MASUK ISLAM DENGAN MELIHAT VIDEO INI

Alhamdulillah kabar gembira bagi ummat Islam, beberapa hari yang lalu tepatnya pada tanggal 13 September 2020. MCN Aya Sofya dihubungi oleh seorang gadis berasal dari Toraja. Ia tertarik terhadap Islam dan ingin masuk Islam. Lantaran (wasilah) dari  video youtube Aya Sofya yang disampaian oleh Ust. Ipung Atria. Yang merupakan salah satu murid dari Almarhum Ust. Insan LS Mokoginta.

Dalam video tersebut Ust. Ipung menyampaikan tentang beberapa materi Kristologi, yang dimana beliau mengkaji dan membuktikan bahwa pengikut Yesus dan pengamal Bible yang sesungguhnya adalah orang Islam. Hal ini banyak dibuktikan dari ayat-ayat Bible yang beliau sampaikan. Baca selengkapnya !


Posted on 

KISAH MUALAF: SEKELUARGA INI MASUK ISLAM

Sungguh sangat terharu melihat kisah mualaf ini yang telah membersama-sama satu keluarga melakukan pensyahadatan untuk masuk Islam. Awalnya hanya Istrinya yang berkenan masuk Islam, sementara suaminya tetap besikukuh tidak pernah ingin masuk Islam. Bahkan, sangat marah dan hendak berencana mau menggagalkan pensyahadatan masuk Islam istrinya tersebut.

Kami sampaikan kepada beliau, bahwa “Kami siap mensyahadatkan dengan syarat suami Ibu sendiri yang mengantarkan Ibu berangkat bersyahadat.” Kami sengaja mencoba Mengulur waktu pensyahadatan hingga satu bulan. Berharap ada titik terang dan kami memohon ampun kepada Allah atas khilaf ini. Baca selengkapnya !


Posted on 

KISAH MUALAF: DALAM SATU DESA, HANYA WANITA INI SAJA YANG ISLAM

Ini adalah kisah sedih mualaf dunia, khususnya kisah mualaf Indonesia, datang dari salah satu perempuan ia berasal dari pulau Sulawesi. merupakan salah satu wanita yang taat terhadap agamanya (kristen) bahkan juga merupakan salah satu misionaris.

Dalam perjalannnya (misinya) sebagai misionaris yakni salah satunya belajar islam. namun bukan untuk mendalaminya malainkan untuk melemahkannya. siapa sangka Allah maha pembolak balik hati. yang awalnya ingin mancari kelemahnnya islam karena sangat bencinya terhadap islam. Baca selengkapnya !


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN DOKUMENTASI PERJALANAN DAKWAH KAMI DI CHANNEL YOUTUBE:


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

SURABAYA: Pesantren JEHA Dolly. Jl. Putat Jaya No. 4B, Putat Jaya, Kota Surabaya.

BOGOR: Komplek Kehutanan Cikoneng, No. 15, Ciomas, Bogor.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.

MANADO: Jl. Pumorow, Kel. Banjer Lingkungan 1 No. 97, Kec. Tikala, Kota Manado, Sulawesi Utara, Kode Pos 95125.