PERMUKIMAN BINAAN MUALAF CENTER SURABAYA DI KAWASAN BEKAS LOKALISASI DOLLY MENJADI SASARAN KRISTENISASI

Seiring berdirinya Pesantren Yatim Dhuafa Jauharotul Hikmah yang konsisten melakukaan binaan anak-anak di kawasan lokalisasi Dolly juga menjadi jalan Mualaf Center Surabaya dalam naungan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA untuk membentuk pemukiman bagi warga yang ingin hijrah dan belajar lebih dalam tentang agama Islam, hal itu juga mendasari keinginan kami untuk menjadikan kawasan bekas lokalisasi di Dolly menjadi peradaban yang Islami. Saat ini Pondok Pesantren Jauharotul Hikmah terdapat di tiga lokasi Yaitu di Putat Jaya 4B nomor 4, Putat Jaya 4B nomor 27, dan gang dolly atau Jalan Kupang Gunung Timur I nomor 7. Dari tiga pesantren ini, hanya pesantren di gang Dolly yang tak hanya mengajarkan mengaji dan sholat. Tetapi juga memberikan perhatian dan waktu luang untuk mendengarkan keluh kesah anak-anak di gang tersebut. Anak-anak diberi fasilitas bermain dan sarana belajar bagi yang putus sekolah.

Dukungan yang kami peroleh untuk melancarkan tujuan baik kami hanya dirasa masih cukup minoritas dan belum memberikan dampak besar untuk melakukan perubahan, hal itu dapat dijadikan peluang oleh para misionaris kristen sebagai sarana kristenisasi yang saat ini sedang gencar-gencarnya menyasar kawasan bekas lokalisasi di Dolly Surabaya tersebut terutama pada pemukiman Warga Binaan Mualaf.

Baru-baru ini ada dua misionaris yang telah tertanggap basah saat menggencarkan aksinya dengan mendatangi salah satu warga binaan kami, salah satu modus yang kami temui disini secara langsung adalah mereka mendatangi rumah-rumah Warga Binaan di Dolly dengan maksud untuk bertamu atau bersilaturahmi kemudian menjelaskan dan menawarkan suatu hal tentang kerohanian yang dipercayai sebagai ajaran umat kristen. Misionaris itu mengaku berasal dari dari Saksi Yehuwa yang merupakan suatu denominasi (kelompok) agama Kristen yang melakukan kegiatan penginjilan dengan cara mendatangi rumah ke rumah dan tempat-tempat publik. Mereka menyakan tidak memaksa seseorang karena setiap orang telah memiliki agamanya masik-masing, mereka hanya menawarkan kerohanian dan memberikan informasi yang baik agar bisa diterima semua orang namun jika dirasa tidak sesuai tidak perlu dilakukan.

Hal tersebut perlu diperhatikan serius dan jangan dianggap sepele, misionarisasi yang mereka gencarkan sangat halus dan terselubung. Inti dari tindakan mereka adalah untuk mengambil hati ummat Islam di Dolly lalu mengajaknya menjadi murtad dan masuk agama Kristen. Baru 2 misionaris yang kita temukan, sejatinya masih ada banyak misionaris lainnya yang belum kita ketahui. Untuk menghindari terjadinya pemurtadan akan dilakukan kajian-kajian lebih dalam tentang ilmu kristologi terhadap warga Kampung Binaan Mualaf di Dolly agar bisa membentengi diri dari para misionaris Kristen.

Mengingat latar belakangnnya, dulu daerah Dolly adalah kawasan lokalisasi tempat maraknya prostitusi terbesar di Indonesia, penjulan/konsumsi minum-minuman keras, tempat perjudian, penjualan obat-obatan terlarang, dan kegiatan haram lain sebagainya. Meskipun kegiatan haram tersebut sudah dilarang oleh pemerintah Kota Surabaya, namun masih ada yang melakukannya secara ilegal. Tidaklah mudah bagi kami untuk mewujudkan tujuan mulia dalam membentuk peradaban Islami di daerah bekas lokalisasi itu. Sama seperti proses lainnya yang tak selalu lancar dan menemukan hambatan. Awalnya dan bahkan sampai saat ini masih mengalami penolakan dari beberapa warga sekitar karena prostitusi dan kegiatan haram lainnya telah menjadi mata percaharian utama mereka, hal ini sangat rawan dimanfaatkan oleh para misionaris untuk aksi adu domba demi menggencarkan misi Kristenisasi yang mereka gencarkan. Meskipun begitu ada juga warga yang mendukung niat mulia kami dan melaporkan adanya aksi tersebut untuk segera kami tangani dan dilakukan pembinaan khusus, semoga warga muslim setempat lebih waspada dan lebih bisa membentengi diri dengan memperdalam agama Islam.


Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Surabaya dibawa naungan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf. Melakukan pembinaan atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.