MENYIMAK KISAH PEJUANG DAKWAH ISLAM DI BARITO TIMUR BERSAMA MUALAF CENTER KALIMANTAN

Kisah Inspiratif tentang seorang pejuang dakwah Islam dari Sumatera yang merantau ke Kalimantan hanya untuk berdakwah dan berdagang hingga saat ini telah banyak mengajak masyarakat non-Islam di Barito untuk menjadi mualaf. Beliau ialah Ust. Mas’ud seorang tokoh pioneer dakwah diarea Barito Timur. Ummat Islam di daerah Barito Timur sangat minoritas meskipun begitu toleransi antar umat beragama sangat tinggi, sehingga itulah yang membuat beliau berkeinginan untuk menjadikan masyarakat Barito Timur yang mayoritas agamanya Kristen dan Hindu menjadi masyarakat yang mayoritas beragama Islam, karena beliau meyakini bahwa Islam adalah agama yang benar dan ingin mengajak saudara-saudaranya menuju jalan kebenaran agar di akhirat diberi keselamatan oleh Allah dari pedihnya siksa neraka.

Kami selaku tim dari Mualaf Center nasional AYA SOFYA bersama dengan Ust. Insan LS Mokoginta dan Yayasan Jamaah Berkah Mandiri diberi kesempatan untuk melakukan wawancara inspiratif bersama dengan beliau di kediamannya di Desa Pangkan daerah hutan. Kedatangan kami disambut hangat oleh beliau di rumah kayunya yang sangat sederhana dengan menghidangkan kepada kami berbagai hidangan makanan.

Beliau menceritakan sejarah perjuangan dari keinginannya berdakwah menyampaikan ajaran agama Islam dengan berdagang hingga memutuskan untuk tinggal di Barito dan menikah lagi setelah istri sebelumnya meninggal dengan seorang wanita dari Suku Luangan yang mayoritas warganya masih beragama Hindu. Suku Luangan atau Suku Lawangan merupakan salah satu suku di daerah Barito Timur yang masih termasuk golongan Suku Dayak hingga disebut Dayak Lawangan yang menduduki ± 119000 populasi di Pulau Kalimantan.

Setelah menikah, beliau bergabung kedalam Organisasi Kesatuan Keluarga Luangan dan mengenalkan ajaran Islam kepada mereka dengan mengajarkan sedekah dan mengadakan Qurban dengan mengundang seluruh umat non-Islam di Barito Timur untuk menikmati bersama santapan daging Qurban. Selama dakwah di Kalimantan beliau membentuk Kesatuan Keluarga Mualaf, membina semua mualaf yang ada di Kalimantan dengan mengajarkan nilai-nilai Islami hingga saat ini telah ada 17 KK (kartu keluarga) yang telah memeluk Islam di tambah 12 mualaf yang telah disyahadatkan oleh Ust. Insan Ls Mokoginta. Mereka berasal dari agama Kaharingan yakni salah-satunya dari cabang agama Hindu yang menjadi kepercayaan/agama asli suku Dayak di kalimantan, namun mereka telah diberi kesempatan oleh Allah dengan hidayah-Nya untuk memeluk agama Islam.

Ust. Mas’ud lahir tahun 1935 saat ini sudah memasuki usia 84 tahun tapi beliau masih memiliki semangat tinggi dalam berdakwah seperti saat pertama kali datang ke Kalimantan di tahun 1979 dengan niat mulia yakni berdakwah. Bukan bantuan uang yang beliau inginkan dari kami untuk menduduk jalan dakwahnya, melainkan buku, sumber ilmu. Dari buku bisa memperkaya diri dengan ilmu yang akan dibagikan kepada masyarakat Barito Timur lainnya, hingga tujuannya menjadikan 90% jumlah masyarakat Barito Timur dapat memeluk agama Islam dapat tercapai. Sungguh sangat inspiratif dapat menemukan tujuan hidup yang begitu mulia. Diusianya yang sudah lanjut usia tapi masih memiliki semangat dakwah yang tinggi, semoga bisa menginspirasi generasi muda untuk selalu semangat mensyi’arkan agama Islam hingga ke pelosok negeri.


Sesungguhnya Allah telah memerintahkan kita (ummat Islam) agar senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Kalimantan dibawa naungan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf. Melakukan pembinaan atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.


Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.