KAJIAN KRISTOLOGI MUALAF CENTER MALUKU: STANDAR KESUCIAN WANITA YAHUDI SANGAT KETAT SEDANGKAN KRISTEN BEBAS

Perlu kita ketahui bahwa ajaran Yahudi dan Kristen seharusnya sama atau memiliki kemiripan karena berpedoman pada kitab yang sama yakni Alkitab (Taurat dan Injil). Disebut Kitab Taurat oleh umat Yahudi dan Kitab Injil Perjanjian Lama oleh umat Kristen saat ini. Perjanjian Lama dan Perjanjian baru mulai ada seiring berdirinya agama Kristen yang dibentuk oleh Paulus dan pengikutnya. Dahulu kala, saat Yesus melanjutkan ajaran Nabi Musa dengan menyampaikan Alkitab tidak ada hal semacam itu. Perjanjian Baru adalah murni karangan manusia dan perjanjian lama juga telah banyak yang diubah.

Gaya hidup bebas dipelopori oleh ajaran agama Kristen

Agama Kristen yang berpedoman dengan ajaran Paulus cenderung menghalalkan segalanya, hidup di dunia ini seolah bebas dan tidak ada aturan, “semuanya boleh asalkan di hatinya ada Yesus”. Apakan pernyataan tersebut masuk akal? sebenarnya pernyataan itulah yang mendasari prilaku menyimpang (pergaulan bebas) yang terjadi di dunia dan dijadikan gaya hidup bebas negara barat yang dianggap lumrah.

Bukan maksud membenarkan ajaran Kristen yang menganggap Yesus sebagai tuhan, tapi jika memang dihatinya ada Yesus seharusnya mengamalkan apa yang diperintahkan dan menjahui apa yang dilarang oleh Yesus. Suatu tanda tanya besar bagi yang mengaku dihatinya selalu ada Yesus melanggak setiap larangannya seperti: minum fermentasi anggur (wine) yang justru dijadikan ritual keagamaan, dilarang makan babi tapi justrus memakannya dengan sembarangan. Jika dihatinya ada Yesus seharunya mengindahkan perintahnya, seperti: bersunat tapi justru tidak melakukannya, mempercayainya sebagai utusan tapi justru menyembah sebagai tuhan, dan menyembah satu-satunya Tuhan tapi justru menganut konsep Trinitas. Agama Kristen sungguh membingungkan dan tidak jelas, bukan?

Dari sekian banyak hal yang tidak masuk akal dari ajaran agama Kristen, semoga membuat umat Islam selalu kritis dan membentengi diri dengan memperdalam Al-Qur’an karena setiap masalah, dan pertanyaan dalam hidup ini akan dijawab langsung oleh Allah dalam Al-Qur’an. Allah maha pencipta dan Allah pula yang maha mengetahui.

Standar kesucian wanita dalam ajaran agama Yahudi

Tidak ada kebebasan seperti agama Kristen, dalam agama Yahudi masih mengindahkan ajaran Taurat dengan tegas. Mereka sangat sombong dan cenderung keras kepala, serta akan mengamalkan apa yang mereka yakini bahkan jika itu harus menutup mata atas petunjuk dari Allah. Agama Yahudi masih memegang teguh ajaran dalam kitab Taurat, meski ada beberapa isi kitab yang juga telah diubah demi mendapatkan pembenaran, karena sifat mereka yang sombong dan keras kepala.

Seperti halnya kehormatan atau kesucian seorang wanita yang diperhatikan dalam agama Yahudi. Suatu hal yang memalukan bagi dirinya dan keluarganya jika seorang wanita telah kehilangan kehormatan atau kesucian atas dirinya karena harus menunjukkan tanda-tanda keperawanannya di gerbang kota yang disaksikan oleh penduduk kota. Dan akan dirajam oleh seluruh penduduk kota hingga mati. Begitu pula jika seorang suami yang menjatuhkan kehormatan istrinya akan mendapat hukuman, sebagaimana Hukum Perkawinan pada Ulangan 22: 13 – 30 yang menyatakan bahwa:

22:13 “Apabila seseorang mengambil isteri dan setelah menghampiri perempuan itu, menjadi benci kepadanya,

22:14 menuduhkan kepadanya perbuatan yang kurang senonoh dan membusukkan namanya dengan berkata: Perempuan ini kuambil menjadi isteriku, tetapi ketika ia kuhampiri, tidak ada kudapati padanya tanda-tanda keperawanan.

22:15 maka haruslah ayah dan ibu gadis itu memperlihatkan tanda-tanda keperawanan gadis itu kepada para tua-tua kota di pintu gerbang.

22:16 Dan ayah si gadis haruslah berkata kepada para tua-tua itu: Aku telah memberikan anakku kepada laki-laki ini menjadi isterinya, lalu ia menjadi benci kepadanya.

22:17 dan ketahuilah, ia menuduhkan perbuatan yang kurang senonoh dengan berkata: Tidak ada kudapati tanda-tanda keperawanan pada anakmu. Tetapi inilah tanda-tanda keperawanan anakku itu. Lalu haruslah mereka membentangkan kain itu di depan para tua-tua kota.

22:18 Maka haruslah para tua-tua kota itu mengambil laki-laki itu, menghajar dia,

22:19 mendenda dia seratus syikal perak dan memberikan perak itu kepada ayah si gadis–karena laki-laki itu telah membusukkan nama seorang perawan Israel. Perempuan itu haruslah tetap menjadi isterinya; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi.

22:20 Tetapi jika tuduhan itu benar dan tidak didapati tanda-tanda keperawanan pada si gadis,

22:21 maka haruslah si gadis dibawa ke luar ke depan pintu rumah ayahnya, dan orang-orang sekotanya haruslah melempari dia dengan batu, sehingga mati–sebab dia telah menodai orang Israel dengan bersundal di rumah ayahnya. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

22:22 Apabila seseorang kedapatan tidur dengan seorang perempuan yang bersuami, maka haruslah keduanya dibunuh mati: laki-laki yang telah tidur dengan perempuan itu dan perempuan itu juga. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari antara orang Israel.

22:23 Apabila ada seorang gadis yang masih perawan dan yang sudah bertunangan–jika seorang laki-laki bertemu dengan dia di kota dan tidur dengan dia,

22:24 maka haruslah mereka keduanya kamu bawa ke luar ke pintu gerbang kota dan kamu lempari dengan batu, sehingga mati: gadis itu, karena walaupun di kota, ia tidak berteriak-teriak, dan laki-laki itu, karena ia telah memperkosa isteri sesamanya manusia. Demikianlah harus kauhapuskan yang jahat itu dari tengah-tengahmu.

22:25 Tetapi jikalau di padang laki-laki itu bertemu dengan gadis yang telah bertunangan itu, memaksa gadis itu tidur dengan dia, maka hanyalah laki-laki yang tidur dengan gadis itu yang harus mati,

22:26 tetapi gadis itu janganlah kauapa-apakan. Gadis itu tidak ada dosanya yang sepadan dengan hukuman mati, sebab perkara ini sama dengan perkara seseorang yang menyerang sesamanya manusia dan membunuhnya.

22:27 Sebab laki-laki itu bertemu dengan dia di padang; walaupun gadis yang bertunangan itu berteriak-teriak, tetapi tidak ada yang datang menolongnya.

22:28 Apabila seseorang bertemu dengan seorang gadis, yang masih perawan dan belum bertunangan, memaksa gadis itu tidur dengan dia, dan keduanya kedapatan.

22:29 maka haruslah laki-laki yang sudah tidur dengan gadis itu memberikan lima puluh syikal perak kepada ayah gadis itu, dan gadis itu haruslah menjadi isterinya, sebab laki-laki itu telah memperkosa dia; selama hidupnya tidak boleh laki-laki itu menyuruh dia pergi.

22:30 Seorang laki-laki janganlah mengambil isteri ayahnya dan jangan menyingkapkan punca kain ayahnya.”

Sesungguhnya Allah memerintahkan kita (ummat Islam) untuk senantiasa mengajak saudara kita yang belum mendapatkan hidayah Allah untuk berusaha mendapatkan hidayah-Nya dengan cara belajar agama Islam. Bersama Mualaf Center Maluku dan Mualaf Center Nasional Aya Sofya, siap membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf. Melakukan pembinaan atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.

Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri Untuk Semua Golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia. Dengan Founder Ust. Insan LS Mokoginta (Bapak Kristolog Nasional).


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361


ADDRESS:

SIDOARJO: MASJID AYA SOFYA SIDOARJO, Pasar Wisata F2 No. 1, Kedensari, Tanggulangin, Sidoarjo, Jawa Timur.

MALANG: INSAN MOKOGINTA INSTITUTE, Puncak Buring Indah, Citra Garden, Kota Malang, Jawa Timur.

SURABAYA: Pesantren JEHA Dolly. Jl. Putat Jaya No. 4B, Putat Jaya, Kota Surabaya.

DEPOK: Jl. Tugu Raya No. 8 Kelapa Dua Cimanggis, Depok.


1 thought on “KAJIAN KRISTOLOGI MUALAF CENTER MALUKU: STANDAR KESUCIAN WANITA YAHUDI SANGAT KETAT SEDANGKAN KRISTEN BEBAS

  1. Subhanallah…terima kasih banyak saudaraku. Atas pencerahan nya..semoga allah mudahkan jalanmu…di berkahi amin…!! Hanya doa yg bisa ku perbuat…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.