CARA MASUK ISLAM

Bagaimana Cara Masuk Islam?

Tanya:

Bismillah, Assalamu’alaikum Tadz. Bagaimana jika ada orang dari agama non Islam ingin masuk Islam (Mualaf)?

Jawab:

iWa’alaikumussalam Warahmatullahi Wabarakaatuh. Ba’da salam. Alhamdulillahi An’ama alaihi bini’mati Iiman Wal-Islam. Asyhadu anlaa ilaaha Inlallah amma ba’du,

Tiada nikmat yang paling indah yang dianugrahkan oleh Allah kepada hambanya selain nikmat Iman dan Islam. Karena fitrah untuk bertuhan satu, fitrah mengikuti rasulullah yang terakhir yaitu Nabi Muhammad, dan fitrah untuk mengikuti petunjuk sesuai dengan kitab-kitabnya mualai dari kitab Taurad, Zabur, Injil dan disempurnakan dengan Al-Qur’an. dalam kitab semunya itu bahwa hakikatnya bahwa Tuhan itu Esa. tidak beranak dan tidak diperanakkan. serta dari Nabi Adam as. hungga Nabi Muhammad saw. mengamalkan tauhid dan ajaran yang mulia yaitu agama Islam. sebagaimana dalam firman Allah dijelaskan

وَمَنْ يَبْتَغِ غَيْرَ الْإِسْلَامِ دِينًا فَلَنْ يُقْبَلَ مِنْهُ وَهُوَ فِي الْآخِرَةِ مِنَ الْخَاسِرِينَ

Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka tidak akan diterima (agama itu), dan dia di akhirat termasuk orang-orang yang rugi. (QS. Ali Imran: 85).

Maka untuk itu bersyukurlah kepada Allah karena telah mengutus para rasul (utusan Allah) untuk menyebarkan dan mengajarkan agama yang amat mulia yaitu islam.

يَمُنُّونَ عَلَيْكَ أَنْ أَسْلَمُوا قُلْ لَا تَمُنُّوا عَلَيَّ إِسْلَامَكُمْ بَلِ اللَّهُ يَمُنُّ عَلَيْكُمْ أَنْ هَدَاكُمْ لِلْإِيمَانِ

”Mereka merasa telah berjasa kepadamu (Muhammad) dengan keislaman mereka. Katakanlah: “Janganlah kamu merasa telah berjasa kepadaku dengan keislamanmu. Sebaliknya, Allahlah yang melimpahkan nikmat kepadamu dengan memberi petunjuk untuk kamu kepada keimanan.” (QS. Al-Hujurat: 17)

Hakikatnya saudara jika ingin masuk Islam cukup mudah. diantaranya syarat-syaratnya adalah:

Pertama, mengucapkan dua kalimat syahadat

lafal kalaimat syahadat adalah sebagai berikut:

أَشْهَدُ أَنْ لاَ إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا رَسُولُ اللَّهِ

ASYHADU ALLAAA ILAAHA ILLALLAAH

WA ASYHADU ANNA MUHAMMADAR RASULULLAH…

“Aku bersaksi bahwa tiada Rabb (sesembahan) yang berhak disembah kecuali Allah, dan aku juga bersaksi bahwa Nabi Muhammad adalah utusan (Rasul) Allah”

Catatan:

Bila bagi saudara mengucapkan dua kalaimat syahadat tersebut kesulitan. Maka boleh dipisah dengan panduan Ustadz atau orang yang alim atau berilmu tentang agama Islam.

Kedua, Pengucapan dua kalimat syahadat harus di depan kaum muslimin minimal ada dua saksi dari orang Islam.

Saksi bertujuan untuk agar para mualaf dapat disikapi sebagaimana orang muslim lainnya tentang hak-haknya orang muslim.

Cukup dengan dua hal tersebut maka orang tersebut yang dulunya beragama non Islam atau tanpa agama maka sudah masuk Islam.