AYA SOFYA INDONESIA

Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia adalah media untuk menjalankan amanah dari Alm. Ust. Insan Ls Mokoginta yang merupakan Founder sekaligus Bapak Kristolog Nasional, sesuai dengan Visi dan Misi “Mualaf Center Nasional AYA SOFYA Indonesia Adalah Lembaga Sosial. Berdiri untuk semua golongan. Membantu dan Advokasi Bagi Para Mualaf di Seluruh Indonesia”. Membantu mualaf yang membutuhkan pertolongan baik secara fisik, materi, ataupun solusi dari masalah yang dialami seorang mualaf. Melakukan pembinaan atau advokasi bagi mualaf di seluruh Indonesia untuk mendalami dan mengamalkan ajaran agama Islam dalam kesehariannya, serta membina para mualaf agar produktif dalam syi’ar dan dakwah, serta mandiri secara finansial dalam kehidupan yang berlandaskan iman, taqwa, dan cinta tanah air.

Masalah umum yang seringkali dialami oleh saudara kita para mualaf adalah mendapatkan banyak tekanan dari lingkungan sekitar, dijauhi oleh kerabat dekat terutama teman dan keluarga, mengalami pelecehan secara verbal ataupun fisik oleh anggota keluarga yang bukan Islam, masalah finansial karena tidak ada pekerjaan yang mau menerima kondisinya terdahulu, dan lain sebagainya. Masalah-masalah tersebut terbilang berat bagi saudara kita para mualaf hingga kadang menimbulkan gejolak hati yang dapat membuatnya menyerah dan ingin kembali ke agama sebelumnya. Dengan adanya Mualaf Center Nasional AYA SOFYA yang peduli kepada mualaf, diharapkan dapat mencegah hal tersebut dan bisa dijadikan referensi (rujukan) oleh saudara kita para mualaf yang membutuhkan bantuan untuk bisa mengatasi masalahnya berdasarkan syari’at dan norma ajaran islam.

Mualaf Center Nasional AYA SOFYA senantiasa menyambut dengan hangat saudara kita yang telah mendapatkan hidayah ingin memeluk agama Islam dengan adanya pembinaan dari mulai pengenalan dasar ke-Islaman hingga mempelajari ilmu keagamaan mulai dari tingkat dasar sampai lanjutan. Lembaga ini juga difokuskan dalam pemberdayaan ummat kepada para mualaf di seluruh Indonesia dengan menjadi media perantara yang menyalurkan dan menjembatani para Muhsinin (orang-orang baik) untuk saling berbagi sebagian rizkinya kepada saudara kita para mualaf dhuafa di pelosok-pelosok nusantara.

Seperti halnya organisasi mualaf binaan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA yang berada di Manado, Sulawesi Utara dapat dijadikan contoh untuk mualaf di seluruh Indonesia. Organisasi tersebut yakni Majelis Muallaf Sulawesi Utara (MMS), lahir dan berkembang di Sulawesi Utara berpusat di kota Manado dengan mayoritas masyarakat beragama Kristen. Merupakan organisasi mualaf terbesar di Indonesia dan paling terorganisir dengan sistem kepengurusan yang jelas dan terstruktur rapi mulai dari tingkat Dewan Pempinan Ranting (DPR), Dewan Pempinan Cabang (DPC), Dewan Pempinan Daerah (DPD), dan Dewan Pempinan Wilayah (DPW).  Majelis Muallaf Sulawesi Utara (MMS)yang diketuai Ibu Henny Moningka memaparkan VISI dan MISI, serta Tujuan organisasi tersebut yakni “Visi MMS adalah menciptakan pengorganisasian yang produktif dalam syi’ar dan dakwah yang lebih khusus bagi para mualaf. Dan Misi MMS adalah terus berdakwah baik dalam skala kecil atau besar, InsyaAllah bisa menciptakan, mengkaderisasi para dai/daiyah daripada mualaf agar bisa juga mensyi’arkan Islam secara baik dan benar, Insya Allah menurut Syari’at dan norma ajaran Islam. Adapun Tujuan MMS adalah meningkatkan keimanan dan ketakwaan para mualaf. InsyaAllah menjadi muslim/muslimah yang kaffah. Menguatkan aqidah kita dan bisa membentengi diri kita dari sanak saudara kita terdahulu.

Semoga Majelis Muallaf Sulawesi Utara (MMS) dapat menjadi contoh dan motivasi bagi mualaf dan ummat Islam di seluruh Indonesia untuk senantiasa hijrah menjadi lebih baik dan berjuang bersama dijalan Allah dengan mengamalkan amar ma’ruf nahi mungkar (Menyuruh kepada yang baik dan mencegah pada yang mungkar).

Selain di Manado Sulawesi Utara, Mualaf Center Nasional AYA SOFYA juga banyak melakukan pemberdayakan mualaf di kota-kota lainnya, seperti:

  1. Mualaf Suku Da’a di Donggala
  2. Mualaf Suku Tau Taa Wana di Morowali Utara
  3. Mualaf Suku Lauje di Parigi Moutong
  4. Mualaf di wilayah binaan Bolaang Mongondow
  5. Mualaf di wilayah binaan Surabaya
  6. Mualaf di wilayah binaan Blitar
  7. Mualaf di wilayah binaan Kota Malang
  8. Mualaf di wilayah binaan Sidoarjo
  9. Mualaf Suku Tengger di Jawa Timur
  10. Mualaf di wilayah binaan Kalimantan
  11. Dan lain sebagainya.
Pensyahadatan Terbesar Suku Tau Taa Wana 347 Orang Masuk Islam

MENGAPA MENGGUNAKAN NAMA AYA SOFYA?

Mualaf Center Nasional AYA SOFYA merupakan layanan dakwah, bantuan, dan advokasi untuk mualaf di seluruh Indonesia. Terinspirasi dari sejarah Muhammad Al Fatih dalam menguasai Konstantinopel pada tahun 1453 dan mengakhiri sejarah Kekaisaran Romawi Timur.

Muhammad Al Fatih seorang pemimpin yang cakap dan ahli dalam bidang kemiliteran, ilmu pengetahuan, matematika, dan menguasai enam bahasa saat berumur 21 tahun. Dengan kecakapannya itu bisa saja merampas semua kepemilikan orang-orang Kristen, akan tetapi Muhammad Al-Fatih tidak melakukannya. Meski banyak penduduk Kristen merasa terancam dan takut dibunuh. Beliau justru mengumumkan jaminan keamanan kepada para penduduknya. dan memberikan maklumat bahwa: “Barangsiapa yang memasuki Aya Sofya, maka aman dan dijamin keselematannya.”

Dan ketika itu semua penduduknya tak terkecuali penduduk Kristen memasuki Aya Sofya. Muhammad Al Fatih menemui mereka, tidak untuk dihukum mati melainkan dipersilahkan menjalankan agamanya masing-masing. Sejak itulah Aya Sofya menjadi wadah dan tempat bernaung yang aman untuk seluruh ummat. Harapan Mualaf Center Nasional AYA SOFYA pun seperti itu, menjadi wadah dan tempat bernaung yang aman untuk seluruh ummat Islam dan mualaf di Indonesia.

Mulaf Center Nasional Aya Sofya Indonesia adalah lembaga dakwah sosial di bidang mualaf, berdiri untuk semua golongan serta membantu dan advokasi bagi para mualaf di Indonesia. Dengan founder Ust. Insan Ls Mokoginta.


ANDA INGIN SUPPORT KAMI UNTUK GERAKAN DUKUNGAN BAGI MUALAF INDONESIA?

REKENING DONASI MUALAF CENTER NASIONAL AYA SOFYA INDONESIA
BANK MANDIRI 141-00-00-4040-12
AN. YAYASAN THORIQUSSALAM INDONESIA QQ AYA SOFYA INDONESIA


SAKSIKAN Petualangan Dakwah Seru Kami Di Spesial Channel YouTube Kami:

MUALAF CENTER AYA SOFYA

www.youtube.com/channel/UCH1F5b1lIyzeUgDdNTan76A/


MEDIA AYA SOFYA

Website: www.ayasofya.id

Facebook: Mualaf Center AYA SOFYA

YouTube: MUALAF CENTER AYA SOFYA

Instagram: @ayasofyaindonesia

Email: ayasofyaindonesia@gmail.com


HOTLINE:

+62 8233-121-6100 (Ust. Ipung)
CHAT: wa.me/6282331216100

+62 8233-735-6361 (Ust. Fitroh)
CHAT: wa.me/6282337356361

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.